PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE BLENDED LEARNING

Authors

  • Fatmawati Fatmawati SD N 001 Rimba Sekampung
  • Dina Chairiyah SD N 12 Dumai Barat
  • Mardiana Mardiana SD N 006 Teluk Makmur
  • Etna Syafweni SD N 012 Purnama

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.602

Keywords:

blended learning, PTK, hasil belajar, KKM

Abstract

Pembelajaran secara full dalam jaringan berbantuan aplikasi zoom meeting membuat peserta didik, khususnya tingkat sekolah dasar sulit untuk focus belajar. Yang tentunya juga berdampak pada rendahnya hasil belajar atau tidak tercapainya KKM. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi dalam pembelajaran salah satunya dengan menerapkan metode blended learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik sebagai efek diterapkannya metode blended learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 6 SD Negeri 012 Purnama, dengan sampel 7 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan ketersediaan prasarana apada peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan zoom meeting dan dipadukan dengan tatap muka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay untuk melihat hasil belejar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 26%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-14

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE BLENDED LEARNING. (2021). JURNAL KOULUTUS, 4(2), 107-116. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.602