ANALISIS SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI

Authors

  • Supriadi Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irna Rusani Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.565

Keywords:

kemampuan guru, sumber belajar, geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru matematika dalam menggunakan sumber belajar pada pembelajaran geometri di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pasarwajo Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Penelitian didesain menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian adalah untuk memperoleh informasi tentang status permasalahan saat penelitian dan tertuju pada pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah guru matematika kelas VIII. Data yang valid diperoleh melalui instrumen: 1) observasi; 2) wawancara, dan 3) dokumen. Hasil yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan sumber belajar pada pembelajaran geometri belum menunjukkan kreativitas guru dalam mendesain sumber belajar dan ini menjadikan belum maksimalnya proses pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi tersebut adalah fasilitas yang belum memadai dan kurangnya pelatihan-pelatihan guru baik yang dilakukan sekolah maupun pemerintah daerah bagaimana cara menggembangkan sumber belajar, ini mengakibatkan kurangnya pembaharuan berbagai jenis sumber belajar yang dapat di manfaatkan, keterbatasan kreativitas yang dimiliki guru dalam pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan sekolah maupun dari alam sekitar yang sesuai dengan kompetensi dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-24

How to Cite

ANALISIS SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI. (2021). JURNAL KOULUTUS, 4(1), 96-106. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.565