PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PERBAGIAN (PART) DAN KESELURUHAN (WHOLE) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.563Keywords:
Part, Whole, Passing, Sepakbola, Usia DiniAbstract
Faktor yang terpenting dalam pencapaian prestasi sepakbola adalah penguasaan keterampilan teknik dasar dan pemberian program latihan yang sesuai dengan karakteristik pemain. Peningkatan kualitas keterampilan teknik dasar sepakbola seperti passing mendatar diperlukan suatu model pembelajaran/pelatian yang efektif dan efisien, Oleh karena itu dalam penelitian kali ini akan dilakukan penerapan metode pembelajaran perbagian (part) dan metode keseluruhan (whole). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembelajaran metode perbagian (part) terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar passing mendatar sepakbola, 2) Pengaruh pembelajaran metode keseluruhan (whole) terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar passing mendatar sepakbola, 3) Perbedaan antara metode pembelajaran perbagian (part) dengan keseluruan (whole) terhadap peningkatan kemampuan passing mendatar sepakbola. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik komparatif dengan uji Analysis of Varians (Anova), (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran perbagian (part) terhadap peningkatan kemampuan passing mendatar sepakbola. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran keseluruhan (whole) terhadap peningkatan kemampuan passing mendatar sepakbola. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran perbagian (part) dan keseluruhan (whole) terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar passing mendatar sepakbola