PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI KOMPLEKS IKIP I
DOI:
https://doi.org/10.51158/kq924546Keywords:
media pembelajaran, wordwall, IPAS, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP I. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang teacher centered, yang menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dialkukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam pembelajaran IPAS, mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan Wordwall, serta menganalisis pengaruh signifikan media tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP I. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design dengan metode quasi eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Popiulasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP I, dengan sampel yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Wordwall dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data diperoleh melalui observasi dan tes pilihan ganda (pretest dan posttest). Analisis data menggunakan Uji Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall dalam perjalanan berjalan dengan baik dengan interaksi dan partisipasi kelas yang lebih aktif, terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall dibanding kelas kontrol, Wordwall meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan








