KEMAMPUAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION PADA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.51158/6qjj5y19Keywords:
bangun datar, bangun ruang, post solution posing, problem posingAbstract
Kemampuan berpikir kritis dan konseptual siswa masih rendah, terutama saat mengajukan pertanyaan matematika tipe post solution. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan tersebut pada materi bangun datar dan bangun ruang, serta mengevaluasi konsistensinya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus terhadap satu subjek yang dipilih dari 33 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui tes pada dua pertemuan berbeda dan wawancara mendalam dengan subjek terpilih. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek memiliki pemahaman konseptual baik, mampu memodifikasi informasi, serta menyusun pertanyaan secara logis dan reflektif. Temuan ini menunjukkan bahwa post solution berpotensi melatih berpikir kritis dan konseptual siswa, namun diperlukan studi lanjutan dengan lebih banyak partisipan untuk memperoleh gambaran lebih luas.