KEMAMPUAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION PADA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG

Authors

  • Aisyah Firdaus Rozzaaq Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lina Rihatul Hima Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/6qjj5y19

Keywords:

bangun datar, bangun ruang, post solution posing, problem posing

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan konseptual siswa masih rendah, terutama saat mengajukan pertanyaan matematika tipe post solution. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan tersebut pada materi bangun datar dan bangun ruang, serta mengevaluasi konsistensinya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus terhadap satu subjek yang dipilih dari 33 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui tes pada dua pertemuan berbeda dan wawancara mendalam dengan subjek terpilih. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek memiliki pemahaman konseptual baik, mampu memodifikasi informasi, serta menyusun pertanyaan secara logis dan reflektif. Temuan ini menunjukkan bahwa post solution berpotensi melatih berpikir kritis dan konseptual siswa, namun diperlukan studi lanjutan dengan lebih banyak partisipan untuk memperoleh gambaran lebih luas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

KEMAMPUAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION PADA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG. (2025). JURNAL KOULUTUS, 8(2), 169-187. https://doi.org/10.51158/6qjj5y19