KESIAPAN DAN HAMBATAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN AI DALAM PEMBELAJARAN DI SDN TEJA BARAT 1
DOI:
https://doi.org/10.51158/qeg0rs21Keywords:
Artificial Intelligence, kesiapan guru, hambatan, pembelajaran digital.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan dan hambatan guru dalam mengintegrasikan Artificial Intelligence (AI) ke dalam pembelajaran kelas 5 di SDN Teja Barat 1 Pamekasan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas 5B yang telah menggunakan AI berupa Magic Slides GPT untuk menyusun materi ajar. Berdasarkan temuan wawancara, observasi, dan dokumentasi, guru sudah mengintegrasikan AI dalam pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan penggunaan Magic Slides GPT, inisiatif mandiri dalam mengakses informasi mengenai penggunaan AI dalam pembelajaran, pemahaman dasar yang memadai, dan respons positif dari siswa. Hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya dukungan rekan sejawat dan minimnya pelatihan AI. Selain itu, siswa tampak antusias dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkala dan dukungan institusional untuk optimalisasi integrasi AI dalam pembelajaran.