PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Fanny Rahma Eka Aprianny Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bambang Agus Sulistyono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samijo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/c6bvdz82

Keywords:

Pembelajaran Matematika Realistik, E-LKPD, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan E-LKPD dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel yang digunakan kelas VII-D SMPN 2 Kepung berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket respon siswa, dan tes. Penerapan model pembelajaran baik untuk diterapkan, hal ini ditunjukan hasil presentase rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 88,04% dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa sebesar 83,97% dengan kategori positif. Nilai rata-rata posttest adalah 90,27 lebih tinggi dari rata-rata pretest adalah 51,37. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. (2025). JURNAL KOULUTUS, 8(1), 153-167. https://doi.org/10.51158/c6bvdz82