ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PENULISAN SISWA KELAS XII MIPA 4 SMA DHARMAWANGSA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51158/b97dnx51Keywords:
kesalahan berbahasa, penulisan Bahasa Indonesia, kaidah bahasa, siswa SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengidentifikasi kesalahan penggunaan dan penulisan Bahasa Indonesia, mengeksplorasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut serta merumuskan solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa pada siswa kelas XII MIPA 4 SMA Dharmawangsa Medan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen kuesioner berbasis Google Forms yang mencakup aspek ejaan, tanda baca, diksi, dan struktur kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam menerapkan kaidah bahasa yang baik dan benar. Kesalahan yang paling umum terjadi dalam aspek penggunaan bahasa adalah sebagai berikut: penggunaan kata depan yang salah (64,7%), penggunaan kata (64,5%), pleonasme (60%), dan kata serapan (55,9%). Faktor penyebab utama adalah rendahnya pemahaman terhadap kaidah bahasa baku dan pengaruh bahasa informal.