PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SD KARANGREJO 02 SEMARANG

Authors

  • Nilam Cahaya Savitri Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Muhamad Samsun Erfin Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1130

Keywords:

Project Based Learning, Keterampilan Menulis, Surat

Abstract

Bahasa adalah sistem tanda bunyi yang dipergunakan oleh manusia yang dikeluarkan dari alat ucap
manusia untuk berinteraksi, bekerja dan mengenali diri seperti pada keahlian menulis. Penelitian ini
menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
menulis surat pribadi siswa kelas V SD Negeri Karangrejo 02 Semarang dengan model Project
Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukan persentase ketuntasan siswa di
siklus I 56,53%dan ketuntasan siswa siklus II meningkat menjadi 86,95%. Penggunaan model PjBL
ini mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar serta dalam aktivitas
pemecahan masalah. Selain itu, peserta didik menunjukan adanya keterlibatan yang lebih baik saat
pembelajaran berlangsung yang berdampak positif pada perkembangan kemampuan mereka dalam
menulis surat pribadi.

Downloads

Published

2024-03-30