MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SEBAGAI UPAYA ALTERNATIF UNTUK MENCAPAI CIVIC INTELLIGENCE PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS XII SMA NEGERI 10 SAMARINDA

Authors

  • Wingkolatin Universitas Mulawarman
  • Raihan Zaid Al Ghifari Universitas Mulawarman
  • Afifatun Nisa Firda Wike Cahayani Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1127

Keywords:

Project Based Learning, PPKn, Civic Intelligence, pembelajaran

Abstract

Saat ini pendidik masih terpaku pada metode banking system yakni guru hanya menggunakan metode ceramah dan menuliskan materinya di papan tulis. Hal ini tentunya hanya akan membuat murid menjadi bosan dan tidak aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu pendidik perlu untuk dapat menggunakan model pembelajaran yang efektif seperti model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Studi ini bertujuan untuk menelaah penerapan model pembelajaran berbasis proyek di pelajaran PPKn untuk membentuk civic intelligence peserta didik kelas XII di SMA Negeri 10 Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa pada pelajaran PPKn di kelas XII SMA Negeri 10 Samarinda menggunakan model pembelajaran PjBL dengan menyajikan penugasan berupa mading dan melakukan kompetisi debat secara kelompok. Model pembelajran PjBL dalam pelajaran PPKn dapat membentuk civic intelligence peserta didik hal ini dikarenakan model pembelajaran ini sangat efektif dalam pengembangan cara berpikir kritis, pemecahan masalah dan kolaborasi serta efektif dalam mengimplementasikan keterampilan partisipasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

. Kata Kunci: Pembelajaran, Project Based Learning, PPKn, Civic Intelligence

Author Biography

Wingkolatin, Universitas Mulawarman

Corresponding Author

Downloads

Published

2024-03-31