PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN KONTEKS PEWARNAAN KAIN BATIK PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN

Authors

  • Sahrul Ramadhan Universitas Negeri Medan
  • Feri Andi Syuhada Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1120

Keywords:

Instrumen Tes, Literasi sains, pewarnaan kain batik, ikatan kimia, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil validasi ahli dan praktikalitas alat uji kemampuan
literasi sains yang digunakan siswa kelas X di SMA Negri 4 Medan efektif atau tidak. Metode
penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk membuat
produk tertentu, dan model pengembangan 4D digunakan untuk menguji efektivitas produk
tersebut. Produk tersebut terdiri dari tahap : Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop
(pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 59
peserta didik dalam dua kelas dan 4 orang validator ahli. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu (1) wawancara, (2) angket respon peserta didik, dan (3) validasi instrumen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa instrumen tes yang dirancang untuk mengukur tingkat literasi sains siswa
tentang materi ikatan kimia layak untuk digunakan. Hasil validasi ahli terhadap butir soal instrumen
menghasilkan nilai persentase rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat layak, dan uji validitas
skala Aiken's V rata-rata sebesar 0,807 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil angket respon
peserta didik terhadap instrumen tes memiliki rata-rata persentase sebesar 85% pada kriteria sangat
layak. Kepraktisan instrumen tes dengan hasil rata-rata persentase kepraktisan instrumen tes yang
didapatkan yaitu sebesar 81.6% termasuk kriteria praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN KONTEKS PEWARNAAN KAIN BATIK PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN. (2024). JURNAL KOULUTUS, 7(1), 13-20. https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1120