PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS 5 SD NEGERI 2 KOREAK
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1116Keywords:
Media puzzle, hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Penelitian tindakan kelasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas 5 sebelum dan sesudah
menggunakan media puzzle yang diterapkan di SD Negeri 2 Koreak. Dalam penelitian ini, sampel
yang digunakan adalah murid-murid dari SD Negeri 2 Koreak. Terdapat 15 siswa dari kelas 5 yang
menjadi subjek penelitian, dimana terdiri dari 5 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data dalam
penelitian ini menggunakan instrument lembar evaluasi siswa berupa tes tertulis, peneliti menguji
instrumen yang digunakan dan diolah data statistic dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Verson
29.0.(241) dilakukan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, instrument dinyatakan valid dan konsisten
pada instrument pretest menunjukan Cronbach's Alpha 732 dan nilai posttest dengan Cronbach's
Alpha 0,737 dengan kategori Valid dan Reliabel. Keseluruhan data digunakan untuk menentukan
ketercapaian tujuan penelitian. Di samping itu, temuan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa
terjadi peningkatan sebesar 13% pada kategori terendah berdasarkan data siswa, serta peningkatan
sebagian sebesar 40%, setelah tes sebelumnya yang menunjukkan peningkatan sebesar 80% dari
nilai sebelumnya. Kesimpulannya, pemanfaatan media puzzle dalam pembelajaran IPS di kelas 5 SD
Negeri 2 Koreak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Media Puzzle; Hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial; Penelitian Tindakan Kelas