PERSEPSI GURU DALAM PENERAPAN KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK SMPTQ ANNIDA SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1103Keywords:
persepsi guru, keterampilan computational thinkingAbstract
Computational Thinking menjadi hal yang penting di abad 21 bagi pendidik maupun peserta didik. Diantaranya membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kreatif, komunikatif, meningkatkan pemikiran logis, dan kemampuan analitis di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada seluruh guru yang mengajar di SMPTQ ANNIDA SALATIGA. Sedangkan dalam tahap observasi dilaksanakan ketika proses pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis Computational Thinking peserta didik SMPTQ Annida Salatiga. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 4 orang guru yang sudah mengenal dan mempraktekkan pembelajaran Computational Thinking di kelas. Sebagian dari mereka mengetahui mengenai pembelajaran Computational Thingking berasal dari media sosial yang berkaitan dengan pembelajaran di abad 21, ada pula yang mengenal Computational Thinking dari guru yang lain yang kemudian diperdalam dengan menggali lebih dalam melalui internet dan jurnal-jurnal ilmiah. Sedangkan guru yang lainnya belum mengenal mengenai Computational Thinking, karena keterbatasan dalam hal menggunakan teknologi yang terus berkembang pesat. Hal ini tentu menjadi PR besar bagi sekolah karena kemampuan berpikir komputasi sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis.