METODE PEMBELAJARAN ALA NABI (Kajian Tentang Metode Pengajaran Ditinjau dari Hadis Nabi)

Authors

  • Siti As Sifa Qurotil 'Aini UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Alifarose Syahda Zahra Universitas Kahuripan Kediri
  • Ubaidillah Ubaidillah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v6i2.1054

Keywords:

Pola Mengajar, Hadist, Rasulullah

Abstract

Peran Rasulullah sebagai pendidik berbagai macam metode yang digunakan dalam penyampaiannya kepada ummat dinilai sangat efektif dan efisien. Fokus kajian ini membahas tentang konsep pola pengajaran yang dilakukan oleh Rasulullahdan kontribusi Rasulullahdalam memberikan pola pengajaran yang tepat serta implemantasi pola mengajar yang dapat diadopsi oleh tenaga pengajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan. Hasil dari kajian ini menyatakan bahwa dalam proses pola pengajaran ala Rasulullahdapat dibangun melalui pertama, konsep utama penguatan karakter keimanan yakni agama yang kemudian diimplementasikan melalui cara pengajaran bertahap nasehat, dan diskusi. Kedua, mepecahan masalah yang berkaitan dengan fenomena Ketiga. pola pengajaran sebagai nilai tambah pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Kajian ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada tenaga pendidik dalam upaya memberikan fasilitator terhadap peserta didik dan memberikan kontribusi terhadap pola mengajar dalam lingkungan Pendidikan.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

As Sifa Qurotil ’Aini, S. ., Syahda Zahra, A., & Ubaidillah, U. (2023). METODE PEMBELAJARAN ALA NABI (Kajian Tentang Metode Pengajaran Ditinjau dari Hadis Nabi). JURNAL KOULUTUS, 6(2), 53–64. https://doi.org/10.51158/koulutus.v6i2.1054