PEMBINAAN PROFESIONALISME BERDASARKAN PROTOTIPE GURU DI ERA HUMAN SOCIETY 5.0

Authors

  • Muchammad Irfan Effendi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Prim Masrokan Muthohar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Binti Maunah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v6i2.1035

Keywords:

Pembinaan, Profesionalisme, Prototype, Era Society 5.0

Abstract

Di era society 5.0 ini, banyak sekali tantangan dan perubahan yang harus dilakukan. termasuk tindakan yang harus dilakukan lembaga pendidikan sebagai langkah awal dalam mengembangkan SDM yang unggul. Guru sebagai SDM membutuhkan bimbingan dan pengembangan hingga mencapai tujuan profesional. Merancang program pembinaan akan lebih mudah dengan pengetahuan prototipe guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi terkait pembinaan profesionalisme berdasarkan prototipe guru. Sumber data yang digunakan diperoleh dalam buku, jurnal dan artikel. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Di era society 5.0, kompetensi profesional guru meliputi keterampilan dan pengetahuan khusus dalam bidang kependidikan dalam rangka memenuhi tugas dan tanggung jawabnya secara maksimal sebagai seorang guru. Selain itu, guru juga harus memiliki kecakapan hidup abad ke-21 dan ketrampilan dibidang digital serta diharapkan selalu inovatif. Guru yang professional dalam  pelaksanaan tanggung jawab mereka, akan tampak dalam tiga hal yakni, keahlian terhadap bidangnya, memiliki rasa tanggung jawab, dan rasa kebersamaan; (2) Jika dilihat dari perspektif abstraksi dan komitmen, ada empat jenis guru, yakni dropout teacher, unfocused worker, analytical observer, dan professional teacher; (3) Pembinaan Supervisi untuk dropout teacher dengan pendekatan direktif, pendekatan kolaboratif untuk  unfocused worker dan analytical observer, dan pendekatan nondirektif untuk professional teacher

Downloads

Published

2023-09-25