PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA USAHA AYAM PETELUR BAROKAH DI DESA DUMATI KABUPATEN GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.51158/wcjtfc87Keywords:
ayam bauran pemasaran, usaha ternak, distribusi telur ayam petelurAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran pada usaha ayam petelur Barokah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti terjun langsung di lokasi tempat usaha ayam petelur Barokah untuk mengadakan wawancara langsung ke pemilik untuk mencari tahu langsung penerapan bauran pemasaran yaitu tentang produk, harga, tempat dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk telur yang dihasilkan usaha ayam petelur Barokah dalam keadaan segar karena hasil telur pada hari itu diupayakan langsung habis terjual dan masalah harga jual telur selalu menyesuaikan dengan harga telur di pasaran dan untuk menarik pembeli setiap pembelian dalam jumlah besar (50 bak) akan diberikan potongan harga sebesar 2,5 % serta bisa dilakukan pembayaran cash tunda selama seminggu. Sistiem penjualan telur disamping pembeli datang langsung ke kandang juga telur diantar ke warung-warung atau kios yang membeli telur untuk dijual kembali ke konsumen. Masalah promosi telur diakukan dengan cara ditawarkan ke warung dan kios serta melalui kalangan keluarga dari mulut ke mulut. Usaha ayam petelur Barokah sudah menjalankan bauran pemasaran dalam kegiatan usahanya. Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang analisa pendapatan usaha dan studi kelayakan usaha.