PELATIHAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN, MANAJEMEN KEUANGAN, MANAJEMEN PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA BATAM

Authors

  • Wasiman Wasiman Universitas Putera Batam
  • Syaifullah Syaifullah Universitas Putera Batam
  • Suhardi Suhardi Universitas Putera Batam

Keywords:

Manajemen Kewirausahaan, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran

Abstract

Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada Pemerintahan Kota Batam saat ini sedang giat-giatnya berusaha mengembangkan potensi usaha dengan menggandeng para UMKM. Pelaku usaha UMKM khususnya di daerag Batu Aji Kota Batam saat ini  masih ada yang menggunakan manajemen dan administrasi pembukuan secara manual/tradisional dan masih banyak ditemukan kesalahan-kesalahan dalam pembukuan sehingga sulit untuk dewan pengawas menjalankan fungsi pengawasanya. Sehingga tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pembinaan dan penyuluhan secara komprehensip kepada UMKM yang ada di Kota Batam agar dapat menghasilkan UMKM yang mampu  bersaing baik disisi kualitas produk yang dihasilkan, maupun dalam kualitas pelayanan. Dalam melaksanakan program pengabdian ini pengabdi menggunakan metode adalah melakukan pembinaan dengan penyuluhan dan sekaligus melakukan pelatihan tentang manajemen kewirausahaan, manajemen keuangan serta manajemen pemasaran kepada UMKM yang berada di wilayah Batu Aji Kota Batam.  Dengan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat ini, hasil yang didapat adalah para UMKM telah mampu me-manage usahanya (manajemen kewirausahaan), dan mengetahui tata kelola keuangan (manajemen keuangan) dengan menggunakan aplikasi menjadi zero kesalahan, dan para peserta UMKM dapat menerapkan ilmu pelatihan yang sudah didapatkan dalam manajemen pemasaran (administrasi) dalam mengembangkan produk (omset) yang berkualitas dan pelayanan yang efektif dan efisien.

 

Abstract

 The Office of Cooperatives for Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) in the Batam City Government is currently actively trying to develop business potential by cooperating with MSMEs. MSME business actors, especially in the Batu Aji area, Batam City, currently still use manual/traditional bookkeeping management and administration and there are still many errors in bookkeeping that make it difficult for the supervisory board to carry out its supervisory function. So that the purpose of this community service is to provide comprehensive coaching and counseling to MSMEs in Batam City so that they can produce MSMEs that are able to compete both in terms of the quality of the products produced, as well as in the quality of service. In carrying out this service program, the servant uses the method of conducting guidance with counseling and at the same time conducting training on entrepreneurship management, financial management and marketing management for MSMEs in the Batu Aji area of ​​Batam City. By doing this community service, the results obtained are that MSMEs have been able to manage their business (entrepreneurship management), and know financial governance (financial management) by using the application to become zero errors, and MSME participants can apply the training knowledge they have learned. obtained in marketing management (administration) in developing quality products (turnover) and effective and efficient services..

Author Biographies

Wasiman Wasiman, Universitas Putera Batam

Prodi Magister Manajemen, Universitas Putera Batam

Syaifullah Syaifullah, Universitas Putera Batam

Prodi Manajemen, Universitas Putera Batam

Suhardi Suhardi, Universitas Putera Batam

Prodi Magister Manajemen, Universitas Putera Batam

References

Brahim, M. N. E. (2021) Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Edited by V. Anantya. Yogyakarta: ANDI.

Fatimah, Z. and Silitonga, F. R. (2022) DASAR-DASAR AKUNTANSI. Edited by M. N. A. Suhardi; Nasution. Batam: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Batam.

Suhardi (2018) Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. 1st edn. Edited by A. Eliyana. Yogyakarta: Gava Media.

Suhardi, S. et al. (2019) ‘Meningkatkan Keterampilan Berpikir, Me-Manage Keuangan Pada Masyarakat Pesisir Pulau Setokok Kota Batam’, JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 9(1), pp. 40–47. doi: 10.30999/jpkm.v9i1.478.

Wati, Andy Prasetyo; Martha, Jefry Aulia; Indrawati, A. (2020) Digital Marketing. 1st edn. Malan: Edulitera.

Downloads

Published

2023-05-27