PEMBERDAYAAN ANAK-ANAK DESA ONONAMOLO TALAFU KABUPATEN NIAS BERBASIS RUMAH BELAJAR TERINTEGRASI SMART APPLICATION
Keywords:
Desa Ononamolo Talafu, Rumah Belajar, Smart ApplicationAbstract
Kegiatan pengabdian di Desa Ononamolo Talafu dilakukan untuk pembangunan sumber daya manusia sehingga menciptakan mutu setiap anak-anak sehingga mampu memformulasikan kehidupannya di masa mendatang hingga pada akhirnya menjadi pribadi yang mampu menghadirkan perubahan di tengah masyarakat. program ini dilakukan dengan berbasis rumah belajar terintegrasi smart application dimana tahapan pelaksananya dimulai dari kegiatan sosialisasi, pendataan sasaran, seminar penyuluhan, mentoring, membangun kapasitas kader, pemberian pelajaran, evaluasi kegiatan hingga pelaporan. Pelaksanaan pengabdian dilangsungkan selama 5 bulan di mana sasarannya adalah anak-anak usia 8-15 tahun. Hasil dari pengabdian ini yakni telah mampu meningkatkan semangat dan motivasi anak-anak dalam belajar sehingga telah menambah pengetahuan serta keterampilan.
Abstract
Service activities in Ononamolo Talafu Village are carried out for the development of human resources so as to create the quality of each child so that they are able to formulate their lives in the future so that in the end they become individuals who are able to bring about change in society. This program is carried out based on an integrated smart application learning house where the implementation stages start from socialization activities, target data collection, counseling seminars, mentoring, building cadre capacity, giving lessons, evaluating activities to reporting. The service was carried out for 5 months where the targets were children aged 8-15 years. The result of this service is that it has been able to increase the enthusiasm and motivation of children in learning so that it has added knowledge and skills.
References
Chotimah, I., Muflihuddin&Anggraini, D.2018. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan, EkOnomi, Kesehatan dan Lingkungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat,2(1):62.
Hafni, R. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 1(1):599.
Kartikasari, A., Fadilah, D.A., Nisa, P.A., Nurhasana, S., & Rachmawati, T.K. 2021. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini ke tahap Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Telarsari. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(26):131.
Sugiarti & Andalas, 2020. Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru Dalam Dunia.Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Membangun_Optimisme_Meretas_Kehidupan_Ba.Html?Id=3 bfwdwaaqbaj&Redir_Esc=Y. Diakses 28 Maret 2022.
Wari, R., Pradana, R.E.,& Maula, L.H. 2020. Analisis Pendapat Siswa Tentang Pembelajaran Berbasis Media Televisi Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PERSEDA,
( 2):100.
Wulandari, R., Santoso & Ardianti, S.D. 2021. Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6): 3840.