PENDAMPINGAN INOVASI PRODUK KERIPIK DAUN BAYAM BERNILAI JUAL TINGGI DI DUSUN PUCANG RT 003 KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Yuni Fitriyah Ningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiandaru Universitas Negeri Surabaya
  • Afif Rusdiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Kharis Fajar Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Inovasi, Keripik, Sayur bayam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan kepada pemberdayaan ekonomi keluarga pemanfaatan tanaman bayam untuk inovasi menjadi keripik. Adapun tujuannya yaitu untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan keluarga dan kemandirian masyarakat dalam berwirausaha warga dusun Pucang khususnya pada RT 003 RW 012 Kabupaten Pasuruan. Dengan adanya aset sayur bayam dapat mengembangkan keterampilan petani sayur bayam di Dusun Pucang. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), Yaitu Pendampingan yang dilakukan dengan memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh manusia, dalam melakukan perubahan untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan. Melalui kegiatan yang menciptakan untuk memberdayakan ekonomi keluarga petani sayur bayam dengan inovasi yaitu keripik dengan aneka rasa. Hasil dari penelitian ini yaitu produk keripik bayam yang siap dipasarkan ke toko-toko pusat oleh-oleh.

Author Biographies

  • Yuni Fitriyah Ningsih, Universitas Negeri Surabaya

    Jurusan Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

  • Advendi Kristiandaru, Universitas Negeri Surabaya

    Jurusan Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

  • Afif Rusdiawan, Universitas Negeri Surabaya

    Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olaharaga , Universitas Negeri Surabaya

  • Muhammad Kharis Fajar, Universitas Negeri Surabaya

    Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olaharaga , Universitas Negeri Surabaya

References

Dahliah, D. (2020). Pengolahan Kripik Sayur Bayam Untuk Menambah Pendapatan Petani Di Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 2(1), 7-15. (Diakses 14 November 2022)

Duereuau Christopher, Pembaruan Lokal Untuk Pembangunan. Australia Community Development and Cvivil Society Strengthering Scheme. (ACCES) Tahap II. 2013 10-11

Nasrun Annahar, dkk. “Sejahtera dari Desa: Refleksi Pemberdayaan Berbasis Potensi Pertanianâ€, (Malang: Averroes Press, 2017)

Rukka, R. M., Busthanul, N., & Fatonny, N. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1), 41-54. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1401570&val=2173&title=STRATEGI%20PENGEMBANGAN%20BISNIS%20KERIPIK%20BAYAM (diakses 14 November 2022)

Widyastuti, H., Yogendra, I. G., Kamal, H. N., Rizkiana, R., Muhamdani, D. A., Zarkasie, I. B., ... & Kusumastuti, G. (2022). Pengembangan Ekonomi Masyarakat melalui Program Pengolahan Keripik Bayam serta Branding dan Marketing Pada KWT Flamboyan, Kelurahan Bantarjati, Bogor Utara. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 4(1), 50-61. https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/40770 (diakses 14 November 2022)

Yuniar, M. F. (2022). Pendampingan fatayat NU Gending melalui inovasi pemanfaatan bayam brazil di kelurahan Gending, kecamatan Kebomas kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). (diakses 14 November 2022)

Hakim, F., Handayani, L., Libranti, S., & Pertiwi, S. I. “Laskar bayamâ€: membangun kemandirian desa, melalui produk keripik dan stick bayam dengan model pelatihan produk inovatif untuk petani bayam kakap di ciaruteun ilir, kec. Cibungbulang, kab. Bogor. (diakses 14 November 2022)

Gunawan. 2020. 15 Khasiat dan Manfaat Bayam bagi Kesehatan www.aura-ilmu.com. Diakses 14 November 2022

Zenker S, Martin N. 2011. Measuring success in place marketing and branding. Place Branding and Public Diplomacy. 7(1): 32-41.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles