PELATIHAN PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN SEPAKBOLA UNTUK GURU PJOK TINGKAT SLTP DI KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Achmad Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Pudjijuniarto Pudjijuniarto Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Azis Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Dzul Fikri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51158/abdikmas.v2i2.759

Keywords:

Instrumen Tes Praktek, Pelatihan Guru PJKO, Sepakbola SLTP

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Kegiatan PKM ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) tingkat SLTP dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi diri khususnya dalam penilaian penguasaan materi pembelajaran secara objektif. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan sasaran utama pada guru-guru PJOK tingkat SLTP di Kabupaten Nganjuk ini mengunakan metode tutorial, diskusi, tugas, dan praktek. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya memberi bekal materi khususnya penyusunan dan pengembangan tes dan pengukuran secara umum serta khususnya materi pembelajaran sepakbola. Disamping itu peserta diharapkan mampu membuat perencanaan dan melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan pembelajaran praktek khususnya materi sepakbola. Terkait dengan hal tersebut materi PKM melalui pelatihan ini meliputi: Konsep dan Filosofi Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Tes dan Pengukuran Olahraga, Pembelajaran Sepakbola, dan Evaluasi Program Keolahragaan. Kegiatan PKM ini menghasilkan produk instrumen tes keterampilan teknik bermain sepakbola untuk tingkat SLTP. Adapun instrumen tesnya terdiri dari 3 (tiga) jenis tes, yaitu: 1) Tes Ketepatan Menendang Bola Sejauh-jauhnya (Long Passing ); 2) Tes Menendang Bola ke Gawang (Shotting); dan 3) Tes Menendang dan Mengobtrol Bola (Passing and Controlling) Berpasangan. Tes keterampilan materi sepakbola tingkat SLTP yang terdiri dari 3 (tiga) jenis tes ini memiliki tingkat Face Validitas yang terpercaya.

Author Biographies

Achmad Widodo, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Ilmu Keolahragaan Pascasarja, Universitas Negeri Surabaya

Pudjijuniarto Pudjijuniarto, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Ilmu Keolahragaan Pascasarja, Universitas Negeri Surabaya

Abdul Azis Hakim, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Ilmu Keolahragaan Pascasarja, Universitas Negeri Surabaya

Muhammad Dzul Fikri, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Ilmu Keolahragaan Pascasarja, Universitas Negeri Surabaya

References

Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, ST., dan Permadi, AA. 2020. Evaluasi Pembelajaran Pendikan Jasmani (Analisis Kerlaksanaan Pembelajran Renang di MTs sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 19 (2) : 103 – 108. Desember. Avaible online : http:/ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr.
Mashud, M. 2020. The Effectiveness of Physical Education Learning in ElementarySchool Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 5 (2), 265 – 270. Retrieved from http:/jurnal.um.ac.id/index.php/jptpp.
Rahmani, Mikanda. 2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas
Nurhasan, 1986. Tes dan Pengukuran. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan, Universitas Terbuka.
Nurhasan, 1991. “Tes dan Pengukuran Olahraga”. Lutan, R. Supandi. Giriwijoyo, YSS. Manusia dan Olahraga. Bandung : ITB dan FPOK IKIP Bandung.
Rian, Abdurrahman, Miskalena. 2016. Evaluasi Keterampilan Bermain Sepakbola Klub SSB Rencong Aceh Sport Kabupaten Aceh Barat Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah. 2 (3). 168 – 175. Agustus.
Soekarman, R. 1987. Dasar Olahraga Untuk Pembina, Pelatih dan Atlet. Jakarta : PT Inti Indayu Press.
Sudjana. 2000. Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN
Zikrurrahmat, 2016, Evaluasi Keterampilan dasar Bermain Sepakbola Usia 10 – 12 Tahun Pada SSB Bintang Muda Banda Aceh 2014, Jurnal Penjaskesrek, Volume III (1). Januari – Juni.

Downloads

Published

2022-05-22