PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA JUWET BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL MELALUI DIGITAL MARKETING DI ERA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.51158/abdikmas.v1i2.560Keywords:
Market Digital, Pemberdayaan, Pandemi, Sumber Daya LokalAbstract
Pandemi covid-19 yang menyebar pada awal tahun 2020 memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi masyarakat, salah satunya masarakat desa Juwet yang mengalami penurunan tingkat penjualan usaha tani.Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa Juwet kecamatan Ngronggot kabupaten Nganjuk bertujuan untuk meningakatkan pendapatan masyarakat desa Juwet dimasa pandemi covid-19 dengan memanfaatkan market digital.Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan Asset Based Community Developmen (ABCD) dengan mengembangkan aset atau sumber daya lokal yang dimiliki masyarakat desa Juwet yaitu lahan dan kemampuan dalam hal pembibitan tanaman.Tahapan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.Hasil yang diperoleh dari pemberdayaan yang dilakukan peneliti adalah setelah kegiatan ini dilakukan masyarakat bertambah wawasan dan keterampilan dalam memasarkan bibit tanaman dengan memanfaatkan market digital.Penggunaan media pemasaran digital ini dapat menambah pendapatan keluarga masyarakat desa Juwet.