EFEKTIVITAS TANYA JAWAB SEBAGAI METODE PENGULANGAN MATERI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN SAAT DARING

Authors

  • Ilyas Adhi Purba IAIN Kediri
  • Zuraidah Zuraidah IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/abdikmas.v1i2.553

Keywords:

Method, Question answer, Learning, Online

Abstract

Abstrak

 

Sejak merebaknya wabah pandemi di negeri ini, segala tatanan kehidupan negara ini juga berubah menyesuaikan keadaan sekarang. Termasuk dalam bidang pendidikan, sistem pembelajaran tatap muka diubah menjadi sistem pembelajaran daring. Terkadang dalam pembelajaran tatap muka, para siswa masih banyak yang tidak paham terkait materi pelajaran yang disampaikan. Sebagian besar siswa berpendapat bahwa dalam pembelajaran daring, mereka memiliki kesulitan untuk memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menemukan metode yang tepat untuk membantu para siswa memahami materi pelajaran saat pembejalaran daring. Peneliti menerapkan metode PAR dalam untuk meneliti efektifitas  metode tanya jawab sebagai pengulangan materi kepada para siswa yang dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa metode tanya jawab sebagai pengulangan materi cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.

 

Kata Kunci: Metode, Tanya jawab, Pembelajaran, Daring

 

 

Abstract

 

Since the outbreak of the pandemic epidemic in this country, all the life order this country changes according to the current situation. Including in the field of education, the face to face learning system is changed to online learning. Sometimes in face to face learning,there are still many students don’t understand related the subject matter has been delivered. Most students think that in online learning, they have difficulty understanding the subject matter. The purpose of this research is to find the right method to help students understand the subject matter when online learning. Researchers apply the PAR (Parcitipatory Action Research) method to examine the effectiveness of the question and answer method as repetition of material to the students who are sampled. Based on the results of research, it shows that the question and answer method as repetition of materials is quite effective in increasing students understanding of the subject matter that has been delivered.

 

Keywords: Method, Question answer, Learning, Online

Downloads

Published

2021-05-29