PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Via Yustitia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dian Kusmaharti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wahyu Susiloningsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Penelitian tindakan kelas, Perencanaan

Abstract

Abstrak
Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah tuntutan kompetensi yang harus dimiliki guru sekolah dasar. Sebagian besar guru merasa kesulitan dalam merencanakan penelitian tindakan kelas. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru guru SDN Gayungan 2 tentang perencanaan PTK. Mitra PKM ini adalah guru-guru di SDN Gayungan 2 Surabaya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah workshop. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai cukup baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta pelatihan dinilai baik, ketercapaian tujuan pelatihan dinilai kurang baik, ketercapaian target materi yang telah direncanakan dinilai baik, dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, perencanaan

 

Abstract
Classroom Action Research Planning is a competency that elementary school teachers must have. Most teachers face difficulties in classroom action research. This PKM supports to improve the skills of Gayungan 2 Elementary School teachers about PTK planning. These PKM partners are teachers at SDN Gayungan 2 Surabaya. The method used in service activities is a workshop. Complete devotion activities, both viewed, as seen from the target number of good trainees, achievement of training objectives that are not good, achievement of the agreed target material, and the ability of participants to strengthen good material.

Keywords: classroom action research, planning.

Downloads

Published

2020-07-01