PENYULUHAN MEMBANGUN KESADARAN MENABUNG SEJAK DINI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-HIDAYAH CINTA KARYA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51158/3h0c3n37Keywords:
edukasi finansial anak, literasi keuangan, menabung, pengabdian masyarakat, sekolah dasarAbstract
Literasi keuangan merupakan kemampuan penting yang seharusnya mulai ditanamkan sejak dini. Namun, data menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia, terutama pada kelompok usia muda, masih rendah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi finansial dasar kepada siswa sekolah dasar melalui pendekatan yang menyenangkan dan partisipatif. Kegiatan dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Hidayah Cinta Karya Medan dengan melibatkan 32 siswa kelas 5. Tahapan kegiatan dimulai dengan melakukan survey lapangan dan perizinan kepada kepala sekolah pada tanggal 15 Mei 2025, melakukan kegiatan penyuluhan dan evaluasi kegiatan pada tanggal 19 Mei 2025. Metode yang digunakan pada kegiatan penyuluhan adalah ceramah yang meliputi pengenalan konsep dasar, permainan dan quiz, story telling, diskusi interaktif, serta metode evaluasi pre-test post-test. Hasil kegiatan menunjukkan 90,62% siswa mampu menjelaskan dan setuju terhadap konsep kebutuhan, keinginan, dan pentingnya menabung. Kegiatan ini diharapkan menjadi kontribusi awal dalam membentuk generasi yang bijak secara finansial.
Downloads
References
Batty, M., Collins, J. M., O’Rourke, C., & Odders-White, E. (2020). Experiential financial education: A field study of my classroom economy in elementary schools. Economics of Education Review, 78, 102014. https://doi.org/10.1016/J.ECONEDUREV.2020.102014
Freire, Paulo., Ramos, M. Bergman., Macedo, D. P. ., & Shor, Ira. (2018). Pedagogy of the oppressed. Bloomsbury Academic.
García-Carrión, R., López de Aguileta, G., Padrós, M., & Ramis-Salas, M. (2020). Implications for Social Impact of Dialogic Teaching and Learning. In Frontiers in Psychology (Vol. 11). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00140
Hatidja, S., Rasyid, A., Ula Ananta Fauzi, R., Hudaeni, N., Oktora, R., Apra Santosa, T., & Yastanti, U. (2025). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini The Effectiveness of Financial Literacy Education on Children’s Economic Decision-Making: A Meta-Analysis Approach. 9(1), 2025–2026. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6738
Mancone, S., Tosti, B., Corrado, S., Spica, G., Zanon, A., & Diotaiuti, P. (2024). Youth, money, and behavior: the impact of financial literacy programs. In Frontiers in Education (Vol. 9). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1397060
Murugiah, L., Ismail, R., Taib, H. M., Applanaidu, S. D., & Long, M. N. H. B. H. (2023). Children’s understanding of financial literacy and parents’ choice of financial knowledge learning methods in Malaysia. MethodsX, 11, 102383. https://doi.org/10.1016/J.MEX.2023.102383
OECD. (2020). PISA 2018 results: Are students smart about money? (106). https://doi.org/https://doi.org/10.1787/d540d9e9-en
OJK. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. SNKI. https://snki.go.id/snlik-ojk-2022-indeks-literasi-dan-inklusi-keuangan-masyarakat-meningkat/
Piaget, J. (1977). The development of thought: Equilibration of cognitive structures. (Trans A. Rosin). In The development of thought: Equilibration of cognitive structures. (Trans A. Rosin). Viking.
Reisdorfer-da-Silva, R. C., Becker, K. L., & Vieira, K. M. (2025). The impact of board games on the financial literacy of public-school students. Journal of Behavioral and Experimental Economics, 114, 102331. https://doi.org/10.1016/J.SOCEC.2024.102331
Rodríguez, C. L., García-Jiménez, M., Massó-Guijarro, B., & Cruz-González, C. (2021). Digital Storytelling in Education: A Systematic Review of the Literature. Review of European Studies, 13(2), 13. https://doi.org/10.5539/res.v13n2p13
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (2nd ed.). Alfabeta.