Edukasi Literasi Finansial dan Kewirausahaan Sejak Dini bagi Siswa MIS Al-Hidayah Cinta Karya Medan
DOI:
https://doi.org/10.51158/g66pdz64Keywords:
Edukasi Keuangan, Literasi Finansial, Kewirausahaan, Usaha Kecil, Ide BisnisAbstract
Rendahnya literasi finansial dan minimnya minat kewirausahaan sejak dini menjadi tantangan di jenjang pendidikan dasar, khususnya di MIS Al-Hidayah Cinta Karya Medan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa tentang literasi keuangan dan kewirausahaan melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi usaha kecil, dan kuis edukatif. Pelaksanaan melibatkan 32 siswa kelas 5 dengan evaluasi menggunakan pre-test dan post-test serta observasi antusiasme siswa. Hasil menunjukkan lebih dari 85% siswa mampu memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan serta pentingnya menabung, sementara lebih dari 70% siswa dapat mengemukakan ide usaha sederhana yang realistis. Peningkatan ini didukung oleh metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, serta keterlibatan aktif siswa dalam simulasi usaha. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan pemahaman finansial sejak dini sebagai bekal menghadapi tantangan ekonomi masa depan.
Downloads
References
Ahmad, M., & Wahyuni, R. (2023). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Pemikiran Islam, 2(1), 100–108. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/download/433/124
Fitriyani, R., & Mulyani, S. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 12–20.
GEM CONSORTIUM. (2023). Entrepreneurship in Ecuador - GEM Global Entrepreneurship Monitor. https://www.gemconsortium.org/economy-profiles/ecuador-2
Hikmah, N. (2020). Literasi Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Universitas Indonesia. https://scholar.ui.ac.id/en/publications/literasi-keuangan-pada-siswa-sekolah-dasar-di-kota-depok-provinsi
Kemdikbud. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. In 2020 (pp. 2011–2013).
Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning Style and Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning in Higher Education. Academy of Management Learning & Education, 4(2), 92–212.
Muthia Wangsi, M., Dewi Wijiastuti, R., Jein Andjar, F., Jamil, A., & Ridwan, A. (2024). Sosialisasi Motivasi Berwirausaha Sejak Dini Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2363–2369. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3224
OJK. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2024. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED
H. Raztiani, & Indra, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PendidikAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 2(1), 72–86.
Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Sd. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 311–319. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4454
2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Putra, F. F. H., & Sudarsono, A. (2024). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini Kelas III Pada Sd Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.37676/jdun.v3i1.5151
Rahmawati, A. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Melalui Muatan Lokal pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 45–52. https://www.neliti.com/id/publications/346900
Sutrisna, E. (2023). Implementasi Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Pancasila, 2(1), 36–45. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/download/226/223/670
Tiara Homeschooling. (2023, April 14). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan bagi Anak. https://www.thischool.sch.id/pentingnya-pendidikan-kewirausahaan-bagi-anak/