PELATIHAN LITERASI NUMERASI MELALUI GAMES BMC WIRAUSAHA PADA SISWA SMA SULTAN AGUNG KEDIRI

Authors

  • Efa Wahyu Prastyaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bayu Surindra Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Elis Irmayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zainal Arifin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tjetjep Yusuf Afandi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Eunike Rose Mita Lukiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Permata Valenta Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novendra Priya Ditya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sendi Rizki Yoga Pratama Rizki Yoga Pratama Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/9hd7k985

Keywords:

Business Model Canvas, Literasi, Numerasi

Abstract

Pengabdian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya literasi dan numerasi pada siswa di SMA Sultan Agung Kediri. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh Mahasiswa PLP 2 Prodi Pendidikan Ekonomi pada bulan pada bulan agustus – oktober 2024 ditunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi masih 20%, sarana prasarana pembelajaran juga masih kurang menunjang, siswa akan banyak mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas jika berkaitan dengan kewirausahaan. Sebagai bentuk tindak lanjut dari kondisi tersebut pada bulan November 2024 dilakukan pelatihan literasi dan numerasi yang tujuannya membantu mengatasi hambatan yang dialami siswa terkait hal tersebut. Metode pelatihan yang digunakan dibagi menjadi empat tahap utama yaitu prakegiatan (observasi dan persiapan), pelatihan dan praktik (menggunakan permainan BMC untuk belajar literasi dan numerasi), pendampingan (membantu siswa menerapkan keterampilan yang dipelajari melalui proyek kecil), dan monitoring serta evaluasi (untuk menilai efektivitas program). Pelatihan ini dirancang agar pembelajaran lebih interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, terutama dalam hal kewirausahaan dan pengelolaan bisnis. Dalam proses ini, siswa belajar tentang perencanaan keuangan, analisis biaya, serta perhitungan yang terkait dengan model bisnis yang siswa buat melalui permainan BMC. Hasil dari pengabdian diukur dengan angket pendapat siswa untuk menilai terkait dengan literasi numerasi yang mereka dapatkan ketika ikut pelatihan. Ditunjukkan bahwa pelatihan berbasis permainan BMC berhasil meningkatkan pemahaman siswa mengenai literasi dan numerasi sebesar 60%, serta mengembangkan keterampilan kerja sama dan pemecahan masalah. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif. 

Author Biographies

  • Efa Wahyu Prastyaningtyas, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Bayu Surindra, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Elis Irmayanti, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Zainal Arifin, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Tjetjep Yusuf Afandi, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Eunike Rose Mita Lukiani, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Permata Valenta, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Novendra Priya Ditya, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Sendi Rizki Yoga Pratama Rizki Yoga Pratama, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Program Studi Pendidikan Ekonomi

References

Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.

Oktiningrum, W., & Ramadhani, A. S. (2022). Mengukur Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Media Staflash. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9747

Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 6, 371–376.

Widiyanti, W. (2021). Business Model Canvas Sebagai Alat Bantu Dalam Menentukan Strategi Bisnis Jasa Penyewaan Mainan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 285. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.11433

Wijaya, I. N. W. E., & Suardiasa, I. N. (2023). Pendampingan Peningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri Fatupisa. Kelimutu Journal of Community Service, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.35508/kjcs.v3i1.11303

Downloads

Published

2024-11-30