PELATIHAN LITERASI NUMERASI MELALUI GAMES BMC WIRAUSAHA PADA SISWA SMA SULTAN AGUNG KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.51158/9hd7k985Keywords:
Business Model Canvas, Literasi, NumerasiAbstract
Pengabdian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya literasi dan numerasi pada siswa di SMA Sultan Agung Kediri. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh Mahasiswa PLP 2 Prodi Pendidikan Ekonomi pada bulan pada bulan agustus – oktober 2024 ditunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi masih 20%, sarana prasarana pembelajaran juga masih kurang menunjang, siswa akan banyak mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas jika berkaitan dengan kewirausahaan. Sebagai bentuk tindak lanjut dari kondisi tersebut pada bulan November 2024 dilakukan pelatihan literasi dan numerasi yang tujuannya membantu mengatasi hambatan yang dialami siswa terkait hal tersebut. Metode pelatihan yang digunakan dibagi menjadi empat tahap utama yaitu prakegiatan (observasi dan persiapan), pelatihan dan praktik (menggunakan permainan BMC untuk belajar literasi dan numerasi), pendampingan (membantu siswa menerapkan keterampilan yang dipelajari melalui proyek kecil), dan monitoring serta evaluasi (untuk menilai efektivitas program). Pelatihan ini dirancang agar pembelajaran lebih interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, terutama dalam hal kewirausahaan dan pengelolaan bisnis. Dalam proses ini, siswa belajar tentang perencanaan keuangan, analisis biaya, serta perhitungan yang terkait dengan model bisnis yang siswa buat melalui permainan BMC. Hasil dari pengabdian diukur dengan angket pendapat siswa untuk menilai terkait dengan literasi numerasi yang mereka dapatkan ketika ikut pelatihan. Ditunjukkan bahwa pelatihan berbasis permainan BMC berhasil meningkatkan pemahaman siswa mengenai literasi dan numerasi sebesar 60%, serta mengembangkan keterampilan kerja sama dan pemecahan masalah. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif.
References
Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.
Oktiningrum, W., & Ramadhani, A. S. (2022). Mengukur Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Media Staflash. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9747
Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 6, 371–376.
Widiyanti, W. (2021). Business Model Canvas Sebagai Alat Bantu Dalam Menentukan Strategi Bisnis Jasa Penyewaan Mainan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 285. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.11433
Wijaya, I. N. W. E., & Suardiasa, I. N. (2023). Pendampingan Peningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri Fatupisa. Kelimutu Journal of Community Service, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.35508/kjcs.v3i1.11303