OPTIMALISASI PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI PEMASARAN PADA PEBISNIS PEMULA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.51158/x9rzhv06Keywords:
Ekonomi keluarga, Pelatihan, Teknologi informasi pemasaranAbstract
Optimalisasi pelatihan teknologi informasi pemasaran telah dilakukan pada anggota DWP UPT PSDA WS Brantas di Kediri sebagai upaya pemberdayaan pebisnis pemula. Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan literasi digital, keterampilan pemasaran dan berkontribusi terhadap ekonomi keluarga. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman mitra terhadap teknologi pemasaran, kemampuan mengelola bisnis secara digital dan perluasan jangkauan pasar. Dampak positif juga terlihat pada peningkatan ekonomi keluarga, kepercayaan diri mitra, dan terbentuknya jaringan bisnis. Untuk keberlanjutan pelatihan, disarankan ada pelatihan lanjutan, pendampingan intensif, dan penguatan jaringan bisnis. Evaluasi berkala dan kolaborasi dengan pihak profesional juga diperlukan. Dengan langkah ini, pelatihan teknologi informasi pemasaran dapat menjadi strategi pemberdayaan yang berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan sekaligus pemberdayaan perempuan.
References
Al-Ababneh, Hassan Ali. 2024. “Information Technologies and Their Impact on Electronic Marketing.” E3S Web of Conferences 474. doi: 10.1051/e3sconf/202447402010.
Basholli, Fatmir, Besjana Mema, and Albina Basholli. 2024. “Training of Information Technology Personnel through Simulations for Protection against Cyber Attacks.” Engineering Applications 2024(1):45–58.
Graesch, Jan Philipp, Susanne Hensel-Börner, and Jörg Henseler. 2021. “Information Technology and Marketing: An Important Partnership for Decades.” Industrial Management and Data Systems 121(1):123–57. doi: 10.1108/IMDS-08-2020-0510.
ISTIASIH, HERMIN. 2022. “Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Income Anggota Dwp Upt Psda Ws Brantas Di Kediri.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 1(2):29–39. doi: 10.29407/dimastara.v1i2.17985.
Khanom, Musammat Tahmina. 2023. “Using Social Media Marketing in the Digital Era: A Necessity or a Choice.” International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478) 12(3):88–98. doi: 10.20525/ijrbs.v12i3.2507.
Mamuaya, Nova Ch, Abdullah Ardi, Anak Agung, Ngurah Gunawan, and Ramadhani Kirana. 2024. “Optimizing Digital-Based Home Industry in Improving Digital Business in Rural Communities.” 4(3):265–70.
Mertz, Breanne A., Ashley Hass, Kelley Cours Anderson, Timothy Kaskela, and Louis J. Zmich. 2024. “#SocialMediaWellness: Exploring a Research Agenda and Conceptualization for Healthy Social Media Consumption.” Journal of Consumer Behaviour 23(2):321–35. doi: 10.1002/cb.2179.
Nailevich, Ishimbaev Rafael. 2023. “Ways to Increase the Competitiveness of Enterprises 1.” Central Asian Study 4(01):174–77.
Ravi, Saravanan, and Sundara Rajan Cholapandiyapuram Rajasekaran. 2023. “A Perspective of Digital Marketing in Rural Areas: A Literature Review.” International Journal of Professional Business Review 8(4):1–16. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i4.1388.
Solijonovich, Tokhirov Rustam. 2023. “The Share of Information Services in the Small Business Sector.” 13(2):1–10.
Sulistyaningsih, Elli, Wahyu Murti, and Cicih Ratnasih. 2024. “Analysis of E-Marketing Strategy and Business Innovation in Optimizing Improvement of Service Quality and Its Effect on MSME Income.” ADI Journal on Recent Innovation (AJRI) 5(2):155–67. doi: 10.34306/ajri.v5i2.1045.