MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PENDAMPINGAN PENGEMASAN DAN PELABELAN PRODUK BAWANG GORENG DI UD. PANGAN ALAM DESA SONOREJO GROGOL KEDIRI

Authors

  • Yesy Kusumawati Universitas Kahuripan Kediri
  • Choirul Hana Universitas Kahuripan Kediri
  • Imam Sugeng Universitas Kahuripan Kediri
  • Stevanus Gatot Supriyadi Universitas Kahuripan Kediri
  • Arika Umi Zar'in Universitas Kahuripan Kediri
  • Imam Suhaimi Universitas Kahuripan Kediri

Keywords:

Pengemasan, Pelabelan, Peningkatan Penjualan, Bawang Goreng

Abstract

Pengemasan dan pelabelan produk menjadikan produk lebih menarik dan melindungi produk. Selain itu juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Seperti halnya di UD Pangan Alam, dimana produk dijual secara partai tanpa diberi label dan kemasan. Kemudian oleh pelanggan akan dikemas dan diberi label dan dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli dari UD. Pangan Alam. Belum adanya pelabelan dan pengemasan yang baik mengakibatkan penjualan secara ecer yang dilakukan oleh UD. Pangan Alam belum maksimal. Oleh karena itu tim pengabdi memberikan pendampingan dan pelatihan dengan tujuan untuk meningkatan penjualan pada UD Pangan Alam melalui pelabelan dan pengemasan. Adapun pendampingan dilakukan dengan memberikan informasi tentang manfaat pengemasan dan beberapa alternative pengemasan. Sedangkan pelatihan dilakukan dengan  cara memilih dan menentukan pengemasan yang benar dan menyesuaikan dengan produk yang akan dikemas. Pengabdian dilaksanakan mulai dari observasi sampai produk siap dijual dengan diberi label dan dikemas. Hasil dari pelatihan ini UD Pangan Alam sudah menggunakan kemasan bawang merah goreng berbahan plastik bening berupa pouch dan toples dengan berbagai ukuran dan pelabelan sudah dibuat dari stiker yang ditempel pada kemasan dengan informasi yang lebih lengkap dan menarik.

Author Biographies

  • Yesy Kusumawati, Universitas Kahuripan Kediri

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

  • Choirul Hana, Universitas Kahuripan Kediri

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

  • Imam Sugeng, Universitas Kahuripan Kediri

    Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Kahuripan Kediri

  • Stevanus Gatot Supriyadi, Universitas Kahuripan Kediri

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

  • Arika Umi Zar'in, Universitas Kahuripan Kediri

    Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Kahuripan Kediri

  • Imam Suhaimi, Universitas Kahuripan Kediri

    Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Kahuripan Kediri

References

Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Marinus, Angipora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo

Sophia, dkk. 2022. Teknik Pengemasan dan Labeling Produk Olahan Makanan Ringan di Desa Pematang Gajah. Jurnal Abdimas ADPI Sosial dan Humaniora. Vol. 3 No. 4. https://ejournal.adpi-indonesia.id/index.php/jsoshum/article/view/256/179 Diakses tgl 19 April 2024

Downloads

Published

2024-05-31