Eksperimentasi Model Pembelajaran TPS dan TAI terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran

Authors

  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Muhamad Safa’udin Universitas Kahuripan Kediri
  • Ruri Rahayu STKIP Kusuma Negara

Keywords:

Hasil Belajar, TAI, TPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS lebih baik dari model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Lingkaran di SMP Islam Plus Mardhotillah Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen semu (Quasy Experimental) yang dilakukan dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda, satu menggunakan model pembelajaran TPS dan satu lainnya menggunakan model pembelajaran TAI.Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TPS mempunyai  rata-rata 76.80, sedangkan dengan model pembelajaran TAI mempunyai rata-rata 67.90. Adapun hasil analisisnya diperoleh thitung sebesar 3.32 dan ttabel sebesar 1.6795, maka thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan = 41. Dengan demikian diperoleh hasil bahwa Ho ditolak, sehingga model pembelajaran TPS lebih baik dari model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Lingkaran di SMP Islam Plus Mardhotillah Jakarta Timur.

Kata kunci: Hasil Belajar; TAI; TPS

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Arie Purwa Kusuma, STKIP Kusuma Negara

    Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kusuma Negara, Jakarta Timur

  • Muhamad Safa’udin, Universitas Kahuripan Kediri

    Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri

  • Ruri Rahayu, STKIP Kusuma Negara

    Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kusuma Negara, Jakarta Timur

Downloads

Published

2018-10-02