Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. FCS RGP Plastic Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i2.690Keywords:
kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumenAbstract
Perekonomian yang ada pada Indonesia, dituntut untuk lebih berkembang dalam menjalankan kegiatan ekonomi. Terdapat satu perusahaan yang bernama PT FCS RGP Plastic yang didirikan di Kota Batam sejak tahun 2019. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan produksi skala besar yang mengintegrasikan gulungan plastik. Konsumen pada perusahaan mengalami penurunan sejak awal tahun 2021 dikarenakan produk yang ditawarkan ada yang reject berarti pengujian kelolosan standar produk pada perusahaan masih kurang maksimal sehingga mengakibatkan pandangan buruk oleh konsumen mengenai kualitas produk perusahaan. Adanya proses komunikasi yang kurang lancar bersama customer service sehingga mengalami kesalahan dalam bertransaksi sehingga mengakibatkan keluhan oleh konsumen mengenai kualitas pelayanan buruk yang dimiliki perusahaan. Penjualan yang menurun yang diakibatkan kepuasan konsumen yang kurang maksimal. Populasi yang diambil oleh peneliti adalah seluruh konsumen yang ada pada PT FCS RGP Plastic berjumlah 143 konsumen. Teknik sampel penelitian ini yakni sampel jenuh, di mana pengambilan sampel memakai keseluruhan populasi. Disimpulkan sampelnya berjumlah 143 responden. Hasil menyatakan kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT FCS RGP Plastic. Pada uji F menyatakan kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan rpengaruh positif dan signifikan kepuasan konsumen pada PT FCS RGP Plastic.
The existing economy in Indonesia is required to be more developed in carrying out economic activities. There is one company named PT FCS RGP Plastic which was established in Batam City since 2019. This company is known as large-scale production company that integrates plastic. Consumers at the company have decreased since the beginning of 2021 because some of the products offered are rejected, meaning that the testing of product standards at the company is still not optimal, resulting in bad view by consumers regarding the quality of the company's products. The existence of a communication process that is not smooth with customer service so that they experience errors in transactions resulting in complaints by consumers about the poor service quality of the company. Decreased sales caused by less than optimal customer satisfaction. The population taken by the researchers were all consumers at PT FCS RGP Plastic totaling 143 consumers. The sampling technique of this research is the saturated sample, where the sampling uses the entire population. It was concluded that the sample amounted to 143 respondents. The results state that product quality and service quality have a positive and partially significant effect on consumer satisfaction at PT FCS RGP Plastic.
References
Dada,D. 2006. E-Readiness for Developing Countries:Moving the Focus from the Environment to the Users. The Electronic Journal on Information Systems in Developing Countries, 27(6), p.1-14.
Shiri,S., Anvari, A., & Soltani,H. 2014. An Assessment of Readiness Factors for Implementing ERP Based on Agility (Extension of Mckinsey 7s Model). International Journal of Management, Accounting and Economics, 1 (3), p.229-246.
Mitchell,M. L. & Jolley,J. M. 2010. Research Design Explained: Seventh Edition. USA: Wadsworth.
Creswell,J.W. 2012. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education.
Fraenkel,J. R. & Wallen,N. E. 2010. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Johanson,G.A. & Brooks,G.P. 2010. Initial Scale Development: Sample Size for Pilot Studies. Educational and Psychological Measurement, 70 (3), p.394–400.