Analisis Peningkatan Pendapatan Usaha Pertanian Tanaman Hias Pada Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Bella Arum Kristanti Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i2.609

Abstract

Abstrak

Berbagai sektor terdampak akibat pandemi covid-19 termasuk sektor pertanian diantaranya adalah menurunnya pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian survey pada usaha keil menengah (UKM) tanaman hias di Desa Rembang Kabupten Kediri mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan usaha tanaman hias dan menganalisis peluang usaha pertanian tanaman hias serta manfaatnya pada peningkatan ekonomi. Dari penelitian yang dilakukan pada 70 petani tanaman hias didapatkan hasil bahwa modal, tenaga kerja dan jumlah jenis tanaman hias berpengaruh terhadap pendapatan. Diperlukan upaya berupa kerjasama dan permodalan untuk pengembangan usaha tanaman hias. Trend tanaman juga harus diperhatikan para petani tanaman hias. Kemudian juga analisis pasar serta pemasaran online perlu dilakukan untuk menarik konsumen. Kelompok usaha tani atau paguyuban juga perlu untuk meningkatkan relasi dan pemasaran tanaman hias.  

Kata Kunci : tanaman hias, pendapatan, ekonomi

References

Andri, Kuntoro Boga, dkk. 2016. Analisis Usahatani Dan Pemasaran Petani Hortikultura Di Bojonegoro. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, Vol. 3 No. 2.

Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Joesron, Suhartati dan Fathorrozi, 2003. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, M. 2000. Usaha Kecil Di Indonesia : Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Seminar “A Quest for Industrial District”. Yogaykarta.

Nisjar dan Winardi. 1997..Ilmu Ekonomi Makro (Satu Pengantar).Bandung: Mandar.

Normansyah, Dodi, dkk. 2014. Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran Di Kelompok Tani Jaya, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Jurnal Agribisnis, Vol. 8 No. 1.

Partini, dkk. 2018. Analisis Usaha Tanaman Hias
Di Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Studi Kasus Kembang Lestari Garden). Jurnal Agribisnis Unisi, Vol.7 No.1.

Risandewi, Tri. 2013. Analisis Efisiensi Produksi Kopi Robusta di Kabupaten Temanggung (Studi Kasus Kecamatan Candiroto). Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, Vol. 11 No. 1.

Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Soekartawi. 1996. Pembangunan Pertanian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-12-09