Strategi Penetapan Harga Jual Berdasarkan Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full-Costing pada Usaha Kerajinan Sepatu Kulit UD. Praktis Magetan
DOI:
https://doi.org/10.51158/qdwdfw18Keywords:
Harga Jual, Biaya bahan produksi, Full-Costing, UMKM, Sepatu KulitAbstract
Penelitian ini dikaji untuk menganalisis strategi penetapan harga jual berdasarkan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full-costing pada usaha kerajinan sepatu kulit UD. Praktis Magetan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penetapan harga jual yang tepat agar pelaku UMKM, khususnya Usaha Kerajinan Sepatu Kulit di Magetan, dapat mengetahui seluruh komponen biaya produksi secara menyeluruh guna menentukan harga jual yang sesuai dan menghindari kerugian. Penetapan harga jual yang tepat menjadi hal penting dalam menjamin kelangsungan dan profitabilitas usaha, terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Metode full-costing dipilih karena mempertimbangkan seluruh komponen biaya baik tetap maupun variabel, sehingga mampu memberikan gambaran biaya produksi secara menyeluruh dan akurat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data selama periode Mei hingga Juli 2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung terhadap proses produksi, dengan fokus pada biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga pokok produksi dengan metode full-costing sebesar Rp 4.225.464 untuk 12 pasang sepatu, atau sekitar Rp352.122 per pasang. Setelah ditambahkan laba yang diharapkan sebesar 20%, maka diperoleh harga jual per pasang sepatu sebesar Rp422.546. Sementara itu, harga jual yang selama ini diterapkan oleh UD. Praktis hanya sebesar Rp 202.740 per pasang. Hal ini menunjukkan bahwa metode full-costing menghasilkan harga jual yang lebih akurat karena mempertimbangkan seluruh komponen biaya, baik tetap maupun variabel.
Kata kunci: Harga Jual, Harga Pokok Produksi, Full-Costing, UMKM, Sepatu Kulit
References
Anggreani, S., & Adnyana, I. G. S. (2020). Penentuan harga pokok produksi dengan metode Full Costing sebagai dasar penetapan harga jual pada UKM Tahu AN Anugrah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.290
Bustami, A., & Nurlela. (2013). Akuntansi manajemen: Basis untuk pengambilan keputusan bisnis (Edisi revisi). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Damayanti, D., Nasution, M. L. I., & Sudiarti, S. (2024). Analisis harga pokok produksi dengan metode full costing sebagai alat bantu perencanaan laba (Studi kasus Ayam Penyet Sahabat Solo). JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(2), 1127–1139.
Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2009). Managerial accounting (8th ed.). Mason, OH: South-Western Cengage Learning.
Harahap, P. H. (2024). Perhitungan Harga Pokok Produksi untuk Menentukan Harga Jual pada Usaha Roti Ilham Ulak Karang Kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.62194/1ct19072
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing management (15th ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2022). Marketing 5.0: Teknologi untuk kemanusiaan (Terj. A. M. Nugroho). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Melati, L. S. A., Saputra, G., Najiyah, F., & Asas, F. (2022). Perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode Full Costing untuk penetapan harga jual produk pada CV. Silvi MN Paradilla Parengan. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(1), 632–647. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.611
Melati, R., Sari, D. P., & Hidayat, A. (2022). Analisis harga pokok produksi menggunakan metode full costing pada UMKM. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 7(2), 123–134. https://doi.org/xxxxx
Millasyifa, H., Nurhalimah, S., & Kurniasari, R. (2022). Akuntansi biaya: Teori dan aplikasi berbasis riset. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyadi. (2018). Akuntansi biaya (Edisi 5, Revisi). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Nasyrhoka, M. (2018). Analisis perencanaan laba dalam menentukan harga jual produk pada UD Praktis (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/4874/
Purnama, D., Muchlis, S., & Wawo, A. (2022). Harga pokok produksi dalam menentukan harga jual melalui metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Journal of Management and Business Review, 19(1), 25–36. https://doi.org/10.37673/jmbr.v19i1.456
Ramadani, S. (2025). Strategi digital marketing pengrajin sepatu kulit di Sentra Industri Kulit Magetan dalam perspektif ekonomi syariah (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Riyanto, Y., & Mohyi, A. (2020). Metodologi penelitian: Teori dan aplikasi penelitian ekonomi, manajemen, dan bisnis syariah. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Slat, A. H. (2013). Analisis harga pokok produk dengan metode full costing dan penentuan harga jual. Jurnal EMBA, 1(3), 110–117.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: CV Alfabeta.
Suherni. (2018). Analisis penetapan harga jual produk dengan menggunakan pendekatan full costing dan variable costing pada UD Naufal Bakery & Cake Kabupaten Gowa (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar). Universitas Muhammadiyah Makassar Repository. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4895-Full_Text.pdf
Syauqi, M. R. T., Hidayat, M. I. A. A., Maulidiya, D., & Tartianri, Y. A. T. (2024). Analisis harga pokok produksi menggunakan metode full costing pada CV Roti Galuh Sari Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis, dan Ekonomi (JIMBE), 2(1), 71–77. https://malaqbipublisher.com/index.php/JIMBE/article/view/289
Yuspyani, F., & Prihanisetyo, A. (2021). Analisis perhitungan HPP berdasarkan metode Full Costing dan Variable Costing sebagai dasar dalam menentukan harga jual pada UKM UD Mutiara Furnitur Balikpapan. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani, 7(1). https://doi.org/10.51882/jamm.v7i1.23










