BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DI SMP KRISTEN PALANGKA RAYA

  • Romiaty Romiaty Universitas Palangka Raya
  • Andri M R Sidauruk Universitas Palangka Raya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan teknik simulation game dapatmeningkatkan kerjasama dalam kelompok belajar siswa sesudah pemberian bimbingan kelompok dengan teknik simulation game.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 5 siswa.Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang diambil dari populasi siswa yang berjumlah 44 siswa. Penelitian yang digunakan adalan penelitianpre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Uji-T berpasangan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa bimbingan kelompok dengan teknik simulation game sebelum diberi teatment hasil pretest 50,6% dengan kategori rendah, setelah diberi treatment berubah menjadi 67,6%dengan kategori sedang, dengan peningkatan dari hasil pretest dan posttest adalah 16%. Dari hasil angket pretest dan posttes mengenai kerjasama siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik simulation game menggunakan analisis statistic uji t dua sampel berpasangan diperoleh hasil (-16,209) sedangkan (2.776) dimana hal ini menunjukkan bahwa (-16,209) < (2.776) maka ditolak dan
diterima. Berdasarkan dari data diatas peneliti menyimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik simulation gamedapat meningkatkan kerjasama dalam kegiatan belajar kelompok siswa di SMP Kristen Palangka Raya.



Kata Kunci: Kerja Sama, Simulation Game


Abstract
The purpose of this study was to determine whether the application of simulation game techniques can increase collaboration in student learning groups after providing group guidance with simulation game techniques. This research was conducted on eighth grade students at Palangkaraya Christian Middle School with a total of 5 students who took samples using a purposive sampling technique taken from a student population of 44 students. The research used is a pre-experimental design research with one-group pretest-posttest design. Data collection techniques
are observation, questionnaires and documentation. Data analysis techniques is using paired T-Test. From the research results obtained, the results of the use of group guidance with simulation game techniques before being given a pretest result of 50.6% with a low category, after being given treatment changed to 67.6% with a moderate category, with an increase in the results of the pretest and posttest was 16 %. From the results of the pretest and posttest questionnaires regarding student collaboration using group guidance simulation game techniques using statistical
analysis t test two paired samples obtained t-count results (-16,209) while t_ (table) (2,776) where this shows that t_ count (16,209) < t_table (2,776) then is rejected and is accepted. Based on the data obtained from the researcher who participated in the group guidance with simulation game technique is effectively use to increase collaboration in student learning activities at SMP Kristen Palangka Raya.



Keywords: Cooperation, Simulation Game.

Published
2020-04-09
How to Cite
ROMIATY, Romiaty; SIDAURUK, Andri M R. BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DI SMP KRISTEN PALANGKA RAYA. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 46-55, apr. 2020. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/320>. Date accessed: 09 july 2020.