MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOT’S MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN FOCUS GROUP DISCUSSION DI SMPN 1 TANJUNGBUMI TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

  • M. Agus Subagio SMP Negeri Tanjungbuli 1

Abstract

ABSTRAK
Ketramplan berfikir tingkat tinggi (High Order Tinking Skills) yang disingkat HTOS merupakan kebutuhan ketrampilan di abad 21 , sehingga siswa harus sudah mulai dilatih untuk kemampuan atau ketrampilan yang dibutuhkan di abad 21 ini. Untuk itu pembelajaran berbasis HOTS merupakan solusi dalam menyiapkan generasi kedepan. Rumusan masalah dalam penelitian : apakah supervisi akademik dengan pendekatan FGD dapat eningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbaiss HOTS di SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan tahun pwelajaran 2009/2020?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untu8k menge5tahui peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS melalui supervisi akademik dengan pendekatan FGD. Subyek penelitiannya adalah guru di SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan tahun pelajaran 2019/2020 sejumlah 10 orang. Penelitian ini dilakukan 3 (tiga) siklus dengan hasil penelitian sebagai berikut siklus pertama tingkat keberhasilan dalam penyusunan RPP mencapai 30%,sedangkan siklus kedua mencapai 60% an pada siklus ketiga mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 20% sedangkan pada siklus kedua 50% dan pada siklus ketiga 90%. Kesimpulan yang diambil adalah Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Focus Group Discussion dapat meningkatkan kemampuan guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis HOT’S Melalui di SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan tahun pelajaran 2019/2020


Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Hot’s, Supervisi Akademik, Pendekatan Focus Group Discussion


ABSTRACT
High order thinking skills or HOTS is a skill needs in 21st century so that the students must get use to with it. The students must be trained with skill they need for 21st century. HOTS is one of the solutions in preparing the students for the future. The research questions were: does the academic supervision with FGD approach increase the teacher skill in implementing HOTS in SMPN 1
Tanjungbumi Bangkalan 2019/2020 academic year? The research objective is to know the teacher’ teaching skill increase in implementing HOTS trough FGD approach. The subjects of the research were 10 teachers of SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan 2019-2020 academic year. The research was done in three circles with the following results: the first circle level in arranging teaching plans is 30%. The second circle is 60% and the third circle is 100%. In implementing the teaching process, the first circle successful is 20%, the second circle is 50& and the third circle is 90%. The conclusion is the academic supervision with Focus Group Discussion could increase the teacher skill in implementing learning process using HOTS in SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan 2019/2020 academic year.


Key Words: Teaching Process using HOTS, academic Supervision, Focus Group
Discussion Approach

Published
2020-04-09
How to Cite
SUBAGIO, M. Agus. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOT’S MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN FOCUS GROUP DISCUSSION DI SMPN 1 TANJUNGBUMI TAHUN PELAJARAN 2019/2020.. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 27-45, apr. 2020. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/319>. Date accessed: 09 july 2020.