EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDAMPINGAN PADA KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYUSUN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK DI KECAMATAN KLAMPIS KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Muzaifi Ismail Pengawas Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Pendampingan Pada Kepala Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyusun Program Supervisi Akademik Di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2018/2019; dan (2) Untuk meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam menyusun program supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: (l) Tahap Perencanaan Tindakan, (2) Tahap Pelaksanaan Tindakan, (3) Tahap Pengamatan (4) Tahap Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Kepala Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil penilaian terhadap penyusunan, pelaksanaan, dan pelaporan supervisi akademik Kepala Sekolah. Dari hasil analisis didapatkan bahwa terjadi peningkatan jumlah kepala sekolah yang telah mencapai nilai keberhasilan atau mimiliki nilai rata-rata dia atas 3,5 yaitu 33,3 % pada sklus I dan meningkat menjadi 88,9% pada siklus II.


 


Kata kunci: Efektivitas, Pendampingan, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah


 


Abstract


 


The objectives of this study are (1) To find out the Effectiveness of the Implementation of Assistance to the Principal of Junior High Schools in Arranging Academic Supervision Programs in Klampis District, Bangkalan District, Academic Year 2018/2019; and (2) To improve the ability of the Principal of Junior High Schools in Klampis District, Bangkalan Regency in the 2018/2019 Academic Year in compiling an academic supervision program. This study uses two rounds of action research. Each round consists of four stages, that is: (l) Action Planning Stage, (2) Action Implementation Stage, (3) Observation Stage (4) Reflection Stage. The target of this research is the Principal of Junior High School in Klampis District, Bangkalan Regency, Academic Year 2018/2019. The data obtained in the form of the results of an assessment of the preparation, implementation and reporting of school principals' academic supervision. From the analysis it was found that there was an increase in the number of school principals who had achieved success scores or had an average score of above 3.5, that is 33.3% in the first cycle and increased to 88.9% in the second cycle.


 


Keywords: Effectiveness, Assistance, Academic Supervision, Principal

Published
2019-10-12
How to Cite
ISMAIL, Muzaifi. EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDAMPINGAN PADA KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYUSUN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK DI KECAMATAN KLAMPIS KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 42-54, oct. 2019. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/264>. Date accessed: 14 oct. 2019.