PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII A SMP KRISTEN 1 SURAKARTA

  • Nettiy Noviasari Universitas Sebelas Maret
  • Djono Djono Universitas Sebelas Maret
  • Sudiyanto Sudiyanto Universitas Sebelas Maret

Abstract

 


Abstrak
Proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru sebagai pendidik terutama di sekolah dasar., sekolah menengah. Pembelajaran memberikan pengetahuan pada siswa dan dapat merubah sikap secara terus menerus. Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk mengembangkan berbagai model pembelajaran sehingga siswa mempunyai semangat belajar Inovasi dalam model pembelajaran juga penting untuk guru. Pada dasarnya yang paling pokok adalah siswa di kelas. Pengembangan model ini bisa dilakukan di kelas. Guru dapat menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas yang disesuaikan dengan materi bagi siswa. Berbagai macam model pembelajaran disesuaikan dengan kondisi sekolah, siswa dan juga fasilitas yang ada di sekolah. Inovasi dalam pembelajaran contohnya penggunaan LC agar materi dapat dipahami oleh siswa pembelajaran sekarang ini menggunakan kurikulum 2013 lebih menekankan pada pendekatan saintifik meliputi mengamati, mengumpulkan sumber, menganalisa, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Siswa tidak hanya diberi pengetahuan tetapi sikap juga ketrampilan untuk masa depannya. Kemudian guru harus dapat mengembangkan model pembelajaran. Guru dapat membuat inovasi dalam pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Model pembelajaran yang membantu siswa untuk memberikan informasi, ide-ide, pemikiran dan juga untuk memcahkan masalah. Salah satu model pembelajaran adalah Contextual Teaching Learning (CTL ) dimana model ini dapat digunakan oleh guru. Model ini mengaitkan materi dengan kehidupan nyata atau sekitarnya. Model ini juga dapat membantu siswa untuk lebih memahami hubungan materi dengan lingkungannya juga antara guru dan siswa terutama dalam pembelajaran IPS. Ilmu Pengetahuan Sosial menyangkut lingkungan sekitar manusia. Adanya masyarakat belajar atau kelompok belajar saling mendukung, saling mengemukakan pendapat siswa satu dengan lainnya.



Kata Kunci: pendidikan, CTL, perubahan, kurikulum 2013, IPS


 

Author Biographies

Nettiy Noviasari, Universitas Sebelas Maret

Pasca sarjana Program studi Pendidikan sejarah Universitas Sebelas Maret 

Djono Djono, Universitas Sebelas Maret

Pasca sarjana Program studi Pendidikan sejarah Universitas Sebelas Maret 

Sudiyanto Sudiyanto, Universitas Sebelas Maret

Pasca sarjana Program studi Pendidikan sejarah Universitas Sebelas Maret 

Published
2019-03-22
How to Cite
NOVIASARI, Nettiy; DJONO, Djono; SUDIYANTO, Sudiyanto. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII A SMP KRISTEN 1 SURAKARTA. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 84-95, mar. 2019. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/202>. Date accessed: 22 apr. 2019.