PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FARTLEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK PEMAIN BOLAVOLI (Studi Pengembangan pada Pemain Bola voli Putra Tingkat Intermediet di Kota Kediri)

  • Nur Ahmad Muharram Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wing Prasetya Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya model-model latihan fartlek secara khusus yang diberikan untuk pemain bola voli putra tingkat intermediet di Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun model latihan fartlekyangbaik, melaksanaan uji coba produk pengembangan, dan melaksanaan uji efektifitas produk untuk mengetahui hasil uji keefektifan model latihan fartlek untuk peningkatan kemampuan fisik pemain bola voli putra tingkat intermediet di Kota Kediri.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah “metode penelitian pengembangan, (Research andDevelopment)”. Hasil penelitian yang pertama adalah analisis kebutuhan dengan menggunakan metode wawancara untuk  mengetahui permasalahan kemampuan fisik para pemain tingkat intermediet di Kota Kediri,  dari hasil wawancara diketahui bahwa latihan kemampuan fisik tidak menggunakan metode latihan fartlek. Setelah melalui empat tahapan penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk terbukti efektif meningkatkan kemampuan fisik pemain bola voli putra tingkat intermediet di Kota Kediri.


Kata Kunci: Latihan fartlek, Bolavoli, Program Latihan,intermediet, produk.


 

Author Biographies

Nur Ahmad Muharram, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Universitas Nusantara PGRI Kediri 

Wing Prasetya Kurniawan, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Universitas Nusantara PGRI Kediri 

Published
2019-03-22
How to Cite
MUHARRAM, Nur Ahmad; KURNIAWAN, Wing Prasetya. PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FARTLEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK PEMAIN BOLAVOLI (Studi Pengembangan pada Pemain Bola voli Putra Tingkat Intermediet di Kota Kediri). JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 50-60, mar. 2019. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/199>. Date accessed: 14 oct. 2019.