FAKTOR-FAKTOR KECERDASAN EMOSIONAL YANG MEMENGARUHI KINERJA GURU SD PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA

  • Nanda Iswahyudi Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia.Berhasil atau tidaknya suatu bangsa terletak pada
seberapa besar kualitas pendidikannya.Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta
dituntut untuk memiliki kinerja yang berkualitas.Pendidikan jasmani menggunakan pendekatan interdisipliner, karena melibatkan ilmu anatomi,
fisiologi dan psikologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa tentang hubunganpositif faktor-faktor kecerdasan emosi diantaranya mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan terhadap kinerja guru pendidikan jasmani dan olahraga,
yang dilakukan di Surabaya I. Penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode penelitian noneksperimen. Variabel terdiri dari lima independent dan satu variabel dependent. Analisis yang digunakan oleh peneliti adalah regresi linier berganda dan proses pengambilan data dilakukan dengan angket skala Likertdengan data diolah menggunakan bantuan program SPSS 17. Hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara faktor-faktor kecerdasan emosi, diantaranya mengenali emosi diri, mengelola emosi, membina hubungan dan secara simultan faktor kecerdasan emosi berhubungan. Sedangkan faktor kecerdasan emosi yakni memotivasi diri dan mengenali emosi orang lain tidak berhubungan.


Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Kinerja Guru


 

Author Biography

Nanda Iswahyudi, Universitas Kahuripan Kediri

Universitas Kahuripan Kediri

Published
2018-10-15
How to Cite
ISWAHYUDI, Nanda. FAKTOR-FAKTOR KECERDASAN EMOSIONAL YANG MEMENGARUHI KINERJA GURU SD PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 231-246, oct. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/165>. Date accessed: 23 aug. 2019.