PERAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MENDISIPLINKAN SISWA DI ERA DIGITAL

  • Talizaro Tafonao Program Pascasarjana STT KADESI Yogyakarta

Abstract

Tugas guru dalam pembelajaran tidak hanya sebatas penyampaian materi pembelajaran, tetapi lebih daripada itu, guru harus membentuk kompetensi dan
pribadi peserta didik dengan baik. Sebab tantangan terbesar yang dihadapi oleh guru di era digital saat ini, yaitu (1) di era digital telah merasuk pada berbagai ranah kehidupan dengan tidak terbatas ruang dan waktu. (2) di era digital akan dapat mengubah tatanan kehidupan yang selama ini berlangsung. (3) di era digital dapat menimbulkan dua sisi yang berlawanan dalam hidup manusia. (4) di era digital telah meresahkan banyak pihak, seperti menyebarnya berita atau informasi hoaks, ujaran kebencian, dan intoleransi di media sosial. Jadi, untuk menghadapi problem yang ada, maka ada beberapa prinsip pentig yang harus dilakukan oleh guru, yakni: (1) guru harus menggunakan teknologi dengan bijak sebagai alat bantu dalam mengembangkan pendidikan. (2) guru berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. (3) guru langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanan. (4) guru dalam mengajar lebih ditingkatkan, apalagi dalam menghadapi perkembangan teknologi yang begitu pesat, oleh karena itu kebutuhan guru yang berkualitas menjadi tanggungjawab bersama demi masa depan bangsa yang gemilang.


Kata kunci: Guru, Mengajar, Mendisiplinkan, Digital

Author Biography

Talizaro Tafonao, Program Pascasarjana STT KADESI Yogyakarta

Program Pascasarjana STT KADESI Yogyakarta

Published
2018-10-13
How to Cite
TAFONAO, Talizaro. PERAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MENDISIPLINKAN SISWA DI ERA DIGITAL. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 192-204, oct. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/147>. Date accessed: 18 dec. 2018.