COST AND BENEFIT ANALYSIS DALAM MENGUKUR FEASIBILITAS PENDIDIKAN

  • Husna Nashihin Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung

Abstract

Feasibilitas atau nilai kelayakan pendidikan di Indonesia perlu dilihat dari sisi kemanfaatan yang didapatkan oleh lulusannya. Disiplin Ilmu Manajemen memiliki
sebuah teori atau rumus analisis untung rugi (cost and benefit analysis) yang bisa diadopsi dalam dunia pendidikan. Adopsi rumus ini memerlukan reinterpretasi ulang terhadap komponen yang ada di dalamnya. Keuntungan bersih (nett benefit) merupakan hasil pengurangan keuntungan langsung (direct benefit) dan keuntungan tidak langsung (indirect benefit) dengan biaya (cost) dan penyusutan (depresiasi). Hasil dari penghitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan rentangan (range) yang telah dibuat dalam bentuk persentase. Uji coba yang dilakukan terhadap feasibilitas sebuah salah satu fakultas Tarbiyah dan Keguruan perguruan tinggi di Yogyakarta menunjukan tingkat feasibilitas pendidikan pada fakultas tersebut sebesar 29.72 %.
Artinya fakultas tersebut tidak feasible dalam melaksanakan pendidikan jika dilihat dari analisis untung rugi (cost and benefit analysis).


Kata Kunci: Feasibilitas, Fakultas tarbiyah

Author Biography

Husna Nashihin, Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung

Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung

How to Cite
NASHIHIN, Husna. COST AND BENEFIT ANALYSIS DALAM MENGUKUR FEASIBILITAS PENDIDIKAN. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 164-182, sep. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/145>. Date accessed: 22 jan. 2019.