Pengembangan Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa Kelas V Pada 5 SDN di Kecamatan Bareng Jombang

  • Eko Mukti Prabowo Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu usaha yang amat strategis untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pengembangan kombinasi dan variasi pemainan lompat pada anak Sekolah Dasar kelas V merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pembelajaran. Permainan merupakan kegembiraan bermain, penawaran yang menarik dari event yang mempesona. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengembangkan variasi dan kombinasi permainan gerak dasar atletik lompat dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan berdasarkan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, dengan menggunakan 1-7 langkah dari 10 langkah pengembangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Langkah-langkah dari proses ini biasanya disebut sebagai siklus Reaserch & Development.


Berikut ini disajikan hasil: evaluasi ahli beserta ujicoba kelompok kecil dan besar. (1) Dari hasil evaluasi 3 ahli permainan diperoleh hasil 79,99%, sedangkan evaluasi 2 ahli pembelajaran diperoleh hasil 84,78% dengan keterangan kriteria baik. (2) Dari hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh hasil 88,74 % dan untuk guru diperoleh hasil 98% dengan keterangan baik, sedangkan hasil ujicoba kelompok besar diperoleh hasil 88,71% dan untuk guru diperoleh hasil 95,5% dengan keterangan baik, sehingga model permainan untuk siswa kelas V di Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang dapat digunakan. Disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran atletik lompat yang sesuai dengan pendekatan tematik melalui permainan siswa dapat belajar secara efektif, efisien dan menyenangkan; (2) Dari 5 model permainan ini, sangat berperan untuk meningkatkan partisipasi siswa di dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan sesuai Kurikulum 2013 dengan dikaitkan pada poin 5 M (Mengamati, Menalar, Menanya, Mencoba dan Mengkomunikasikan) oleh siswa; (3) Dengan materi pembelajaran yang telah dikembangkan, siswa dapat menyenangi pembelajaran atletik lompat.


Kata kunci:  Pengembangan, Permainan, Variasi, Kombinasi, Lompat.

Author Biography

Eko Mukti Prabowo, Universitas Kahuripan Kediri

Program Studi Pendidikan jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Published
2018-10-13
How to Cite
PRABOWO, Eko Mukti. Pengembangan Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa Kelas V Pada 5 SDN di Kecamatan Bareng Jombang. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 140-163, oct. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/144>. Date accessed: 22 jan. 2019.