MENINGKATKAN KETERAMPILAN TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING DENGAN PERMAINAN MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BARENG KECAMATAN BARENG KABUPATEN JOMBANG

  • Eko Mukti Prabowo Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Tolak peluru gaya menyamping adalah salah satu nomer lempar dari cabang atletik. Melalui pembelajaran tolak peluru gaya menyamping, diharapkan siswa mampu melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping dengan benar. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan tolak peluru gaya menyamping di SMP Negeri 1 Bareng masih kurang optimal. Siswa masih mengalami kesalahan dalam melakukan teknik menolak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan teknik sikap awalan setelah melakukan permainan modifikasi, (2) peningkatan teknik menolak setelah melakukan permainan modifikasi, (3) peningkatan teknik akhiran setelah melakukan permainan modifikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan  lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan permainan modifikasi. Melalui permainan modifikasi ini, siswa melakukan tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga tolak peluru. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan melakukan


teknik tolak peluru gaya menyamping siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bareng mengalami peningkatan. Hasil observasi awal dari teknik sikap awal dengan tingkat  kesalahan 48,24%, teknik menolak dengan tingkat kesalahan 59,64% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 47%. Hasil tindakan siklus 1 dari teknik sikap awal dengan tingkat kesalahan 29%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 40% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 35%. Hasil tindakan siklus 2 dari teknik sikap awal tingkat kesalahanya 11%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 15% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan tolak peluru gaya menyamping dengan permainan modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bareng Kabupaten Jombang.


Kata Kunci: Meningkatkan, keterampilan tolak peluru, permainan modifikasi.

Author Biography

Eko Mukti Prabowo, Universitas Kahuripan Kediri

Program Studi Pendidikan jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Published
2018-10-13
How to Cite
PRABOWO, Eko Mukti. MENINGKATKAN KETERAMPILAN TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING DENGAN PERMAINAN MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BARENG KECAMATAN BARENG KABUPATEN JOMBANG. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 140-163, oct. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/144>. Date accessed: 24 may 2019.