KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA BERBAGAI KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL

  • Theresia Wariani Universitas katolik Widya Mandira Kupang
  • Alfons Bunga Naen Universitas katolik Widya Mandira Kupang
  • Vinsensia H.B. Hayon Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Abstract

Penalaran formal adalah suatu proses berpikir untuk melakukan penarikan sebuah konklusi atau kesimpulan terhadap suatu masalah yang berupa pengetahuan.Tujuan dari penellitian ini yaitu untuk ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada berbagai kemampuan penalaran formal. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pada pokok bahasan Termokimia dan Tes Kemampuan Penalaran Formal. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Siswa kelas XI IPA 1 dan 2 SMAK Sint Carolus Kupang yang memiliki 23 siswa dengan penalaran formal, 19 siswa dengan awal penalaran, 17 siswa dengan penalaran transisi, 2 siswa dengan penalaran konkrit. (2) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada berbagai kemampuan penalaran formal pada materi Pokok Termokimia siswa kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018


Kata kunci: komparasi, hasil belajar, kemampuan penalaran formal

Author Biographies

Theresia Wariani, Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Alfons Bunga Naen, Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Vinsensia H.B. Hayon, Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Published
2018-10-13
How to Cite
WARIANI, Theresia; NAEN, Alfons Bunga; HAYON, Vinsensia H.B.. KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA BERBAGAI KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 98-114, oct. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/143>. Date accessed: 18 dec. 2018.