CERITA RAKYAT INE PAREMENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PESERTA DIDIK

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Chatarina Novianti Universitas Flores
  • Yuliani Sepe Wangge Universitas Flores

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak peserta didik kelas IV SDK Ende 3 setelah diterapkan cerita rakyat asal Ende NTT, yakni Ine Pare dengan menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan cerita rakyat Ine Pare berbantuan Role Playing dapat meningkatkan kemampuan menyimak.


Kata kunci: Cerita Rakyat Ine Pare, Kemampuan Menyimak, Role Playing

Author Biographies

Nining Sariyyah, Universitas Flores

PGSD, FKIP Universitas Flores

Chatarina Novianti, Universitas Flores

PGSD, FKIP Universitas Flores

Yuliani Sepe Wangge, Universitas Flores

PGSD, FKIP Universitas Flores

Published
2018-10-13
How to Cite
SARIYYAH, Nining; NOVIANTI, Chatarina; WANGGE, Yuliani Sepe. CERITA RAKYAT INE PAREMENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PESERTA DIDIK. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 115-119, oct. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/140>. Date accessed: 24 mar. 2019.