PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH GEOMETRI: GEOMETRI ANALITIKA RUANG DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018

  • Ganjar Susilo Universitas Balikpapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar matematika yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan akademik mahasiswa berkaitan dengan pemecahan masalah, penalaran, dan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan Tahun Akademik 2017/2018. Hasil yang diperoleh adalah tersedianya bahan ajar matematika untuk mahasiswa yang relevan berkaitan dengan pemecahan masalah, penalaran, dan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan. Salah satu bahan ajar yang dikembangkan yaitu pengembangan bahan ajar Geometri Analitika Ruang yang memiliki prinsip relevansi, konsistensi, dan kecakupan. Setelah melalui tahapan-tahapan dalam penyusunan yaitu penyusunan desain awal, validasi produk, revisi, kemudian ujicoba dan revisi pasca ujicoba maka bahan ajar mengalami penyempurnaan. Hasil akhir bahan ajar matematika ini mempunyai desain seperti berikut: (1) halaman judul; (2) kata pengantar; (3) daftar isi; (4) judul bab; (5) judul sub bab; (6) materi; (7) rangkuman; (8) contoh soal; (9) soal latihan akhir bab. Berdasarkan hasil kelayakan bahan ajar, diperoleh rata posttest 1 adalah 50,24, posttest 2 adalah 61,40, posttest 3 adalah 72,52, dan posttest 4 adalah 83,80. Berdasarkan hasil tersebut maka bahan ajar yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Geometri Analitika Ruang.


Kata Kunci: Bahan Ajar, Geometri Analitika Ruang, Pendidikan Matematika

Author Biography

Ganjar Susilo, Universitas Balikpapan

Universitas BalikpapanĀ 

Published
2018-10-12
How to Cite
SUSILO, Ganjar. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH GEOMETRI: GEOMETRI ANALITIKA RUANG DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018. JURNAL KOULUTUS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-15, oct. 2018. ISSN 2620-6277. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/131>. Date accessed: 18 dec. 2018.