ANALISA PENYUSUNAN POLA KONSUMSI DAN SUPLAI PANGAN KOTA KEDIRI TAHUN 2018

  • Novi Dwi Priambodo Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Pola Pangan Harapan (PPH) atau Desirable Dietary Pattern adalah susunan beragam pangan yang didasarkan pada sumbangan energi dari kelompok pangan utama (baik secara absolut maupun relatif) dari suatu pola ketersediaan dan atau konsumsi pangan. Dengan demikian PPH merupakan susunan beragam pangan yang didasarkan atas proporsi keseimbangan energi dari berbagai kelompok pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi baik dalam jumlah maupun mutu dengan mempertimbangkan segi daya terima, ketersediaan pangan, ekonomi, budaya dan agama. Dengan pendekatan PPH ini mutu konsumsi pangan penduduk dapat dilihat dari skor pangan (dietary score) dan dikenal sebagai skor PPH. Semakin tinggi skor PPH, konsumsi pangan semakin beragam dan seimbang. Tujuan PPH adalah untuk menghasilkan suatu komposisi norma (standar) pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi penduduk, sekaligus juga mempertimbangkan keseimbangan gizi (nutritional balance) yang didukung oleh cita rasa (palatability), daya cerna (digestability), daya terima masyarakat (acceptability), serta kuantitas dan kemampuan daya beli (affortability).


 


Kata Kunci : PPH, Pola Konsumsi, Skor, Suplai Pangan

Author Biography

Novi Dwi Priambodo, Universitas Kahuripan Kediri

Fakultas Pertanian, Universitas Kahuripan Kediri

Published
2018-11-22
How to Cite
PRIAMBODO, Novi Dwi. ANALISA PENYUSUNAN POLA KONSUMSI DAN SUPLAI PANGAN KOTA KEDIRI TAHUN 2018. Jurnal Agriovet, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 121-134, nov. 2018. ISSN 2654-4792. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/agriovet/article/view/187>. Date accessed: 21 july 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.