PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BATU AJI KOTA BATAM

  • Syaifullah Syaifullah Universitas Putera Batam
  • Algifanri Maulana Universitas Putera Batam
  • Very Karnadi Universitas Putera Batam
  • Riki Tantowi Universitas Putera Batam

Abstract

Abstrak
Wilayah Batu Aji Kota Batam memiliki sejumlah pengusaha baik itu usaha mikro, kecil maupun menengah (UMKM).UMKM tersebut memiliki perencanaan dalam memanfaatkan digital marketing bagi tumbuh dan kembangnya usaha yang dikelola oleh UMKM tersebut. Perencanaan program ini diharapkan juga dapat membantu menambahkan pendapatan masyarakat. Masyarakat telah memiliki cara pemasaran sendiri. Akan tetapi, pengetahuan mengenai digital marketing yang masih minim. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap hal tersebut, dengan pembinaan pemanfaatan digital marketing bagi UMKM Kecamatan Batu Aji. Peserta dalam pembinaan ini akan diberikan kepada para pelaku UMKM batu aji. Pelaksaan kegiatan akan dilakukan minimal tiga kali pertemuan. Dimana kegiatan terdiri dari sosialisasi, praktek langsung dan melihat hasil dalam pelaksanaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pembinaan. Ekspektasi tim pengabdian adalah peningkatan pendapatan dan keunggulan produk di UMKM batu aji serta dapat membuka lapangan pekerjaan ataupun membuka
bisnis dengan pemanfaatan digital marketing.
Kata Kunci ; Digital, Marketing, UMKM


Abstract
The Batu Aji area of Batam City has a number of entrepreneurs both micro, small and medium enterprises (MSMEs). UMKM has a plan in utilizing digital marketing for the growth and development of businesses managed by these MSMEs. This program planning is also expected to help increase community income. The community has their own marketing method. However, knowledge about digital marketing is still minimal. This service activity aims to provide solutions to this, by fostering the use of digital marketing for SMEs in Batu Aji District. Participants in this training will be given to the stone aji SMEs. Implementation of activities will be carried out at least three times a meeting. Where the activity consists of socialization, direct practice and see results in implementation. Community service activities are carried out in the form of guidance. The service team's expectation is to increase revenue and product excellence at UMKM Batu Aji and be able to open jobs or open businesses using digital marketing.
Keyword : Digital, Marketing, MSMEs

Published
2020-06-02
How to Cite
SYAIFULLAH, Syaifullah et al. PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BATU AJI KOTA BATAM. Jurnal Abdikmas, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-5, june 2020. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/abdikmas/article/view/345>. Date accessed: 11 july 2020.