Sistem Informasi Penjualan di Toko Perabot Rumah Tangga Berbasis Customers Relationship Management (CRM)

  • Imam Mashuda Universitas Kahuripan Kediri
  • Aria Indah Susanti Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Customers Relationship Management (CRM) merupakan sebuah filosofi  bisnis  yang  menggambarkan  suatu  strategi penempatan client  sebagai  pusat  proses,  aktivitas  dan  budaya. Konsep ini telah dikenal dan banyak diterapkan untuk meningkatkan pelayanan di perusahaan. Pengembangan sistem informasi pada penelitian ini berbasis CRM. Tujuan penelitian adalah untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web yang nantinya  digunakan sebagai sistem informasi penjualan Perabotan Rumah Tangga Sumber  Makmur dengan metode yang dilakukan oleh customer/pelanggan. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan langkah-langkah berikut ini. (1)Tahap  pertama  dilakukan observasi, yaitu melakukan pengamatan langsung terhadap proses jual beli manual; (2) Mempelajari dan menganalisis proses penjualan yang sedang berjalan dan mengidentifikasi segala permasalahan yang timbul; (3) Menentukan permintaan pemakai sistem informasi, memilih solusi  atau pemecahan masalah yang paling baik, setelah mempelajari dan menganalisis sistem yang sedang berjalan dan mengidentifikasi masalah; (4) Selanjutnya dipilih solusi pemecahan masalah yang baik; (5) Merancang sistem informasi baru yang belum ada pada Toko, merancang input, output database dan hal-hal lain yang dibutuhkan; dan (6) Membangun sistem informasi baru. Pengembangan ini menghasilkan Sistem Informasi Penjualan di Toko Perabot Rumah Tangga di Toko Sumber Makmur Berbasis Customers Relationship Management (CRM) menggunakan web agar pelayanan penjualan lebih efektif.


 Kata kunci:  Sistem Informasi, Penjualan, Customers Relationship Management

Author Biographies

Imam Mashuda, Universitas Kahuripan Kediri

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri

Aria Indah Susanti, Universitas Kahuripan Kediri

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri

Published
2020-05-12
How to Cite
MASHUDA, Imam; SUSANTI, Aria Indah. Sistem Informasi Penjualan di Toko Perabot Rumah Tangga Berbasis Customers Relationship Management (CRM). JURNAL TECNOSCIENZA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 251 - 264, may 2020. ISSN 2615-3319. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/338>. Date accessed: 30 sep. 2020.
Section
Articles