Eksperimentasi Model Pembelajaran TPS dan TAI terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran

  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Muhamad Safa’udin Universitas Kahuripan Kediri
  • Ruri Rahayu STKIP Kusuma Negara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS lebih baik dari model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Lingkaran di SMP Islam Plus Mardhotillah Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen semu (Quasy Experimental) yang dilakukan dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda, satu menggunakan model pembelajaran TPS dan satu lainnya menggunakan model pembelajaran TAI.Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TPS mempunyai  rata-rata 76.80, sedangkan dengan model pembelajaran TAI mempunyai rata-rata 67.90. Adapun hasil analisisnya diperoleh thitung sebesar 3.32 dan ttabel sebesar 1.6795, maka thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan = 41. Dengan demikian diperoleh hasil bahwa Ho ditolak, sehingga model pembelajaran TPS lebih baik dari model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Lingkaran di SMP Islam Plus Mardhotillah Jakarta Timur.


Kata kunci: Hasil Belajar; TAI; TPS

Author Biographies

Arie Purwa Kusuma, STKIP Kusuma Negara

Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kusuma Negara, Jakarta Timur

Muhamad Safa’udin, Universitas Kahuripan Kediri

Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri

Ruri Rahayu, STKIP Kusuma Negara

Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kusuma Negara, Jakarta Timur

Published
2018-10-02
How to Cite
KUSUMA, Arie Purwa; SAFA’UDIN, Muhamad; RAHAYU, Ruri. Eksperimentasi Model Pembelajaran TPS dan TAI terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran. JURNAL TECNOSCIENZA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 29-40, oct. 2018. ISSN 2615-3319. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/108>. Date accessed: 19 nov. 2018.
Section
Articles