Tingkat Kapabilitas Pengelolaan Strategi dan Pengelolaan Portfolio Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 5

  • Admaja Dwi Herlambang*1 Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi *2 Universitas Brawijaya
  • Sephia Aldiariza *3 Universitas Brawijaya

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Malang merupakan dinas pemerintahan yang bertugas melakukan pendataan terkait kependudukan dan pencatatan sipil pada Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kaabilitas pengelolaan strategi dan pengelolaan portfolio Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Proses pada kerangka kerja COBIT 5 yang digunakan sebagai kriteria evaluasi adalah Manage Strategy (APO02) dan Manage Portfolio (APO05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa APO02 dan APO05 saat ini berada pada level 1 dan memiliki tingkat kapabilitas harapan sebesar 3. Rekomendasi yang diberikan pada APO02 adalah perlu medokumentasikan proses perencanaan dan pemantauan kinerja TIK organisasi. Pada APO05 perlu membuat dokumentasi portfolio TIK.


Kata kunci: evaluasi, tingkat kapabilitas, pengelolaan strategi, pengelolaan portfolio, COBIT 5

Author Biographies

Admaja Dwi Herlambang*1, Universitas Brawijaya

Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Sistem Informasi, Universitas Brawijaya

Aditya Rachmadi *2, Universitas Brawijaya

Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Sistem Informasi, Universitas Brawijaya

Sephia Aldiariza *3, Universitas Brawijaya

Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Sistem Informasi, Universitas Brawijaya

Published
2018-10-01
How to Cite
HERLAMBANG*1, Admaja Dwi; *2, Aditya Rachmadi; *3, Sephia Aldiariza. Tingkat Kapabilitas Pengelolaan Strategi dan Pengelolaan Portfolio Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 5. JURNAL TECNOSCIENZA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-14, oct. 2018. ISSN 2615-3319. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/106>. Date accessed: 20 oct. 2018.
Section
Articles