KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MELAPORKAN PERPAJAKAN DI KPP PRATAMA PARE KABUPATEN KEDIRI

  • Eko Prasetyo Universitas Kahuripan Kediri
  • Yulia Margareta Universitas Kahuripan Kediri

Abstrak

Pajak merupakan kontribusi yang dikenakan kepada wajib pajak yang diatur secara hukum, tanpa mendapatkan manfaat secara langsung. Dalam membayar pajak dibutuhkan adanya pengetahuan dan pemahaman tentang tata cara membayar pajak, persepsi efektifitas sistem perpajakan, kepercayaan kepada sistem sistem dan hukum pemerintah, kualitas pelayanan, dan modernisasi perpajakan. Penelitian ini menginvestigasi efek dari pengetahuan dan pemahaman tetang tata cara perpajakan, efektifitas sistem perpajakan, Tingkat kepercayaan terhadap sistem pemerintahan dan hukum , kualitas layanan, dan modernisasi perpajakan untuk pelaporan perpajakan pada kantor pelayanan pajak Pratama Pare Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Populasinya adalah kantor pelayanan pajak Pratama Pare . Sampel diambil dengan dengan metode simple random sampling. Sampel minimal berjumlah 60 responden yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan spss 23 menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, persepsi sistem perpajakan yang efektif, tingkat kepercaayaan terhadap sistem pemerintahan dan hukum, kualitas pelayanan, dan modernisasi perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran membayar pajak baik secara parsial maupun simultan.


Kata Kunci : Pengetahuan dan pemhaman tentang peraturan pajak, persepsi sistem perpajakan yang efektif , tingkat kepercayaan terhadap sistem dan hukum pemerintahan, kualitas layanan, dan modernisasi perpajakan.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Akuntansi Universitas Kahuripan Kediri

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Akuntansi Universitas Kahuripan Kediri

Diterbitkan
2018-05-17
##submission.howToCite##
PRASETYO, Eko; MARGARETA, Yulia. KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MELAPORKAN PERPAJAKAN DI KPP PRATAMA PARE KABUPATEN KEDIRI. , [S.l.], v. 4, n. 1, p. 77-95, mei 2018. ISSN 2615-3246. Tersedia pada: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/77>. Tanggal Akses: 17 okt. 2018